Menjadi Narasumber Penguatan TPAKD Nasional, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Sampaikan Implemtasi Program e-KPB

Bandar Lampung--Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi menjadi narasumber dalam Acara Penguatan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) untuk Sertifikasi Anggota TPAKD yang dilaksanakan secara hybrid dari Ruang Video Conference Lt.I Gedung Diskominfotik Provinsi Lampung, Selasa (30/08/2022)



Kegiatan yang dilaksanakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan TPAKD tersebut mengambil tema 'Knowledge Sharing Implementasi Program Terkait Pertanian dan Peternakan' .

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung, Kusnardi memaparkan mengenai Implementasi Program Kartu Petani Berjaya atau e-KPB yang ada di Provinsi Lampung,

"Pertanian merupakan penopang perekonomian Lampung dengan kontribusi 30% dan komoditi unggulan Lampung yaitu tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan dan perikanan sehingga Gubernur Lampung membuat program yang menghubungkan semua kepentingan pertanian dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian." ungkapnya.

Kusnardi juga menambahkan bahwa E-KPB menjadi sangat penting sebagai langkah peningkatan produktivitas petani di Lampung untuk dapat mempermudah petani mendapatkan benih, bibit, hingga pupuk.

Selain itu, E-KPB juga memudahkan petani untuk mendapatkan modal usaha, hal itu karena Pemerintah Provinsi Lampung telah menggandeng Bank BRI, Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank Lampung untuk pembiayaan.

Lalu, E-KPB juga memberikan jaminan sosial berupa asuransi usaha (AUTP & AUTS) dan Jaminan sosial ketenegakerjaan bagi petani lansia, pekebun dan nelayan.

E-KPB juga membantu petani untuk mendapatkan nilai yang pantas bila produksi pertanian melimpah serta bantuan beasiswa ke perguruan tinggi kepada anak petani dan penyuluh berprestasi yang terdaftar di e-KPB.

Kusnardi juga menyampaikan beberapa penghargaan yang sudah diraih hingga saat ini,
1. Peringkat Pertama Penghargaan Abdi Bakti Tani Tahun 2021.
2. Penghargaan Provinsi Terbaik dalam Inovasi Pengembangan Akses Keuangan di Sektor Pertanian dalam TPAKD Award 2021.
3. Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah 2021.
4. Piagam Penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Pendukung Pelaksanaan Program Asuransi Pertanian dari Menteri Pertanian RI pada 17 Agustus 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris BAPPEDA Provinsi Lampung, dan Dinas Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Lampung. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Post a Comment

Previous Post Next Post