Ketua Dewan Pers Prof Dr H. Azyumardi Azra Berpulang Ke Rahmatullah

Nasional - Dunia jurnalistik Indonesia dirundung duka, hal ini dikarenakan Ketua Dewan Pers Prof, Dr. H. Azyumardi Azra MA, M.Phil, CBE meninggal dunia pada hari ini Minggu (18/9) pada pukul 12.30 waktu Malaisia.



Dikabarkan bahwa Azyumardi Azra wafat setelah menjalani perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia.

Ketua Komisi Penelitian, Pendataan, dan Ratifikasi Dewan Pers, Ninik Rahayu menyampaikan kebenaran berita tersebut.

“Saya telah mengonfirmasi ke istri beliau yang berada di sana. Sekarang jenazahnya sedang diurus kedutaan,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (18/9).
Sebelumnya, pihak KBRI telah menjenguk Azyumardi yang sedang dirawat. Pihak KBRI Kuala Lumpur sempat berupaya merujuk cendekiawan muslim itu ke RS di ibu kota Malaysia, Kuala Lumpur.

Azyumardi Azra akan dirujuk ke Kuala Lumpur setelah ada konfirmasi dari pihak RS yang akan menerima. Dia mengatakan pihak keluarga mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah itu juga akan datang ke Malaysia pada hari ini Minggu (18/09).

“Kita minta ekstra-perhatian dari pihak RS. Kita sudah mintakan supaya dipindahkan ke ICU atau ke RS lain yang lebih baik,” katanya.

Informasi yang sama disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pers, Agung Darmajaya. “Innalillahi WA Innalilahi Roji’un. Telah meninggal dunia Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Prof. Dr. Azyumardi Azra di Rumah Sakit Kedah, Selangor Malaysia hari Minggu 18 September 2022 pukul 12.30 waktu setempat,” tulis Agung di Grup WhatsApp Wartawan. Minggu (18/09).

Agung menyampaikan, Perihal pemakaman, rumah Duka dan Informasi lebih lanjut akan disampaikan kemudian. “Semoga Almarhum mendapat tempat yang mulia di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan, Aamiin,” tutup Agung mendoakan.

Azyumardi sebelumnya dirawat setelah dalam penerbangan Indonesia-Malaysia dia tak berhenti batuk hingga sesak napas. Ketika diperiksa di rumah sakit Azyumardi terkonfirmasi sakit Jantung.

Azyumardi ke Malaysia dalam rangka kunjungan kerja. Ia mendapat undangan dari Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) untuk menghadiri Konferensi Internasional Kosmopolitan Islam yang dilaksanakan di Selangor, Malaysia, pada 17 September 2022. Sedianya Azyumardi akan menjadi salah satu pembicara dalam konferensi tersebut. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post