Indonesia International Stand Up Paddle Series 2022

Provinsi Lampung menjadi destinasi pertama dalam rangkaian Indonesia International Stand Up Paddle Series 2022. Dilaksanakan pada tanggal 26 – 28 Agustus 2022 di D’Rajash Beach, Pesawaran Lampung.



PUMIC Paddling Club merupakan provider dari Stand Up Paddle Indonesia Pengurus Daerah Lampung, menghadirkan 62 orang atlit stand up paddle dari berbagai provinsi Indonesia untuk berlaga pada Indonesia International Stand Up Paddle Series 2022, Provinsi Lampung

Event diselenggarakan selama 3 hari diawali dengan Opening Ceremony pada tanggal 26 Agustus 2022 yang dibuka oleh Dispora Provinsi Lampung, Gubernur Provinsi Lampung dan Ketua Pengda Lampung Gita Kurniawan Putra serta laporan penyelenggaraan oleh ketua pelaksana Benny Hardy Yuga.

Hari pertama Pra Lomba dilakukan Technical Meeting yang dikelola oleh Indonesia Paddle Race Management yang dibawakan oleh Race Director seri ini yaitu Ryco Arnaldo. Nomor utama dalam lomba dibagi menjadi dua yaitu Long Distance 5K dan Technical 1K.

Race dibagi dalam beberapa kategori yaitu Open Men/Women (hardboard, Inflatable under 12’6 & inflatable up to 14’), Men/Women Master class (hardboard, Inflatable under 12’6 & inflatable up to 14’), dan Men/Women Junior Class (hardboard & Inflatable under 12’6).

Setelah Technical Meeting para atlet mendapat kesempatan untuk melakukan orientasi jalur sesuai dengan Nomor yang akan diperlombakan. Pukul 18.00 WIB orientasi ditutup dan para atlet serta official menuju penginapan masing-masing untuk beristirahat dan mempersiapkan diri.

Tepat pukul 08.30 WIB 27 Agustus 2022 adalah Race Day yang dibuka dengan tanda Race Flag yang dikibarkan oleh Pembina PUMIC Paddling Club Saiful Effendi, lomba dimulai oleh kelas Master Men Long Distance 5K dan kelas selanjutnya. Cuaca pada saat Race Day cukup teduh dan sedikit hujan di siang hari, Race Day di tutup dengan Kelas Women Technical Race 1K.

Zulkifli Head of Jury Indonesia Stand Up Paddle Series 2022, mengeluarkan hasil Race yaitu:

Menjadi kebanggaan bagi para pegiat Stand Up Paddle dimana Indonesia Stand Up Paddle Series seri pertama di Lampung 2022 ini hadir secara khusus Menteri Parekraf Bapak Sandiaga Salahudin Uno dan di Daulat untuk menyematkan Menyematkan Medali untuk para juara kategori Open Men & Women Elite serta kategori Junior, Bapak Menteri Sandiaga Uno menyampaikan Bahwa olahraga Stand Up Paddle merupakan salah satu Marine Sport Tourism yang selain menjadi olahraga prestasi juga akan menjadi atraksi wisata di Indonesia yang merupakan negara kepulauan terbesar di dunia.

Heriyanto, Ketua Umum Stand Up Paddle Indonesia juga mengatakan bahwa Event ini akan menjadi agenda yang akan terus diselenggarakan diberbagai destinasi wisata Indonesia, Heriyanto juga yakin Marine Sport Tourism merupakan potensi yang sangat besar di Indonesia dengan kepemilikan Panjang pantai dan perairan yang tersebar indah, butuh dukungan pemerintah untuk dapat segera membangun potensi tersebut secara signifikan secara prestasi dan wisata di Indonesia.

Sore hari yang cerah di D’Rajash Beach, Pesawaran – Lampung menjadi semakin menyenangkan dimana seluruh peserta Indonesia Stand Up Paddle Series 2022 berkesempatan melakukan Sunset Paddling Bersama dengan Menteri Parekraf, lebih dari 80 paddler mendayung bersama menikmati keindahan pantai dan lagoon D’Rajash Beach bersama dengan Bapak Sandiaga Uno yang kemudian ditutup dengan menikmati penganan otentik khas lampung dan sajian Duren lampung yang sangat legit.

Agenda Stand Up Paddle Indonesia bertajuk Indonesia International Stand Up Paddle Series 2022, seri perdana yang di organisir oleh PUMIC Paddling Club, Race yang di Manajemeni oleh Indonesia Paddle Race Management didukung oleh Kemenparekraf, Dispora Provinsi Lampung, Lantamal Lampung dan juga brand SUP Board Gladiator pada hari terakhir 28 Agustus 2022 diakhiri dengan Stand Up Paddle Tour ke Pulau Pahawang, yang merupakan desa yang mendapatkan Anugrah Desa Wisata 2022 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Post a Comment

Previous Post Next Post