Pegiat HAM Asal Lampung SN Laila Lolos Seleksi Tertulis Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan HAM

JAKARTA - Pegiat hak azasi manusia (HAM) asal Lampung Siti Noor (SN) Laila lolos seleksi tes tertulis Calon Hakim Ad Hoc Pengadilan HAM Tingkat Pertama dan Tingkat Banding Tahun 2022. SN Laila merupakan Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI periode 201


"Panitia seleksi calon hakim ad hoc untuk Pengadilan HAM mengumumkan pendaftar calon hakim yang dinyatakan lolos seleksi tes tertulis," kata Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Yudisial, Andi Samsan Nganro, melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, seperti dikutip Suara.com (jaringan media Lampungpro.co) dari Antara, Selasa (12/7/2022).

Andi Samsan Nganro yang juga Ketua Panitia Seleksi Calon Hakim Ad Hoc untuk Pengadilan HAM Tingkat Pertama dan Tingkat Banding Tahun 2022, menambahkan dalam pengumuman tersebut, panitia seleksi menyatakan 33 peserta lolos tes tertulis. Para calon hakim selanjutnya akan melaksanakan penilaian profil pada 18-19 Juli 2022, dan wawancara 20-21 Juli 2022.

Siti Noor Laila adalah Ketua sekaligus mantan Komisioner Komnas HAM RI. Perempuan kelahiran 30 November 1967 tersebut merupakan lulusan sarjana hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Selain aktif di bidang pemajuan HAM, perempuan kelahiran Pacitan, Jawa Timur, tersebut uga aktif menyuarakan tentang hak-hak perempuan di Tanah Air.

Selain mantan Ketua Komnas HAM, para peserta yang lolos juga memiliki latar belakang profesi yang beragam, di antaranya pengacara, mantan hakim ad hoc tindak pidana korupsi, aparatur sipil negara (ASN). Kemudian, terdapat juga akademisi, tenaga ahli DPRD/DPR, analis hukum Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) hingga mantan purnawirawan TNI.

Andi Samsan mengatakan bagi peserta dari luar kota, Mahkamah Agung menyediakan akomodasi. Namun tidak dengan biaya transportasi dari tempat tinggal ke lokasi pelaksanaan kegiatan. Terakhir, untuk mendapatkan calon hakim yang berintegritas, panitia seleksi berharap masyarakat ikut berpartisipasi memberikan masukan terhadap nama-nama yang dinyatakan lolos seleksi. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post