Mengenalkan Sentra Tapis Yang Akan di Resmikan Besok 23 Juni

Tapis merupakan kerajinan khas Lampung yang juga kebanggaan masyarakat Lampung. Tapis adalah bentuk kain wanita yang berupa sarung yang terbuat dari tenun benang kapas dengan motif atau hiasan dari benang emas atau perak dengan cara membuatnya menggunakan sulam.



Sebagai pemberdayaan dan pembinaan bagi Industri Kecil Menengah (IKM) tapis di Kota Bandar Lampung telah tersedia sentra tapis bagi para Industri Kecil Menengah untuk berkreasi dan mengembangkan produk-produk turunan tapis serta tempat yang nyaman untuk pelatihan edukasi tapis didaerah Kemiling Bandar Lampung.

Sentra tapis yang rencana akan diresmikan akhir bulan Juni ini oleh walikota Bandar Lampung, dimajukan besok hari Kamis tanggal 23 Juni 2022 karena akan langsung diresmikan oleh Kementrian Perindustrian.

Untuk memperlancar proses persiapan peresmian sentra, selasa 21 Juni 2020 diruang rapat dinas perindustrian kota Bandar Lampung para pengurus sentra tapis mengadakan rapat persiapan yang langsung dipimpin oleh ibu LELAWATI, SH.MM sebagai Kepala bidang ILMEA yang membidangi para pengrajin tapis.

Dalam rapat dibahas semua bentuk persiapan sentra tapis agar acara peresmian kamis besok bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Di sentra tapis selain sebagai galeri produk pertapisan, dilengkapi juga ruang produksi bersama yang bisa dipergunakan semua IKM untuk berproduksi.

Ruang produksi sudah memiliki fasilitas mesin jahit, mesin obras dan alat pemindang tapis.

Selain itu dilantai dua terdapat ruang kantor juga ruang aula untuk fashion show.

Acara peresmian akan dimeriahkan dengan gelaran produk tapis juga fashion show dari IKM tapis yang tergabung di sentra.

Ibu LELAWATI berharap semua proses persiapan besok lancar dan peresmian sentra tapis akan meriah.

Ini adalah bantuan dari kementerian perindustrian yang harus kita apresiasi dengan memfungsikan semua fasilitas yang ada di sentra dengan sebaik-baiknya.

Dengan harapan adanya sentra tapis ini para IKM makin bersemangat berproduksi, makin kreatif mengembangkan kreasi-kreasi tapis dan kedepannya sentra tapis bisa menjadi pusat edukasi tapis juga tujuan wisata untuk pengunjung bisa menikmati belanja berbagai model tapis dan bisa langsung melihat proses pembuatan tapis juga bisa ikut belajar dalam proses pembuatannya.

Post a Comment

Previous Post Next Post