Sosok Adi Erlansyah Pj. Bupati Pringsewu dan Riwayat Jabatan serta Pengalamannya

BANDARLAMPUNG - Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung, Adi Erlansyah resmi menjabat sebagai Pejabat (Pj) Bupati Kabupaten Pringsewu pada hari Minggu, tanggal 22 Mei 2022.



Adi Erlansyah dilantik Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Pj Bupati lainnya yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sulpakar menjabat sebagai Pj. Bupati Mesuji dan Kepala Dinas Pemerintah Desa dan Transmigrasi (PDT) Provinsi Lampung, Zaidirina menjabat sebagai Pj. Bupati Tubaba.

Sebelumnya Adi pernah menjabat sebagai Pjs. Bupati Lampung Tengah (Lamteng) mengantikan Loekman Djoyosoemarto yang saat itu akhir masa jabatan (AMJ) habis pada tanggal 8 Februari 2021 tahun lalu.

Adi Erlansyah lahir di Tanjung Karang pada tanggal 14 Februari 1964 dan dikaruniai dua putra bernama dr. Rezandi Aziztama anak pertama dan dr. Rivandi Arief Harista anak kedua dari hasil pernikahan seorang istri bernama Rusdiana Dewi Yusuf, SE

Lulusan pasca sarjana Magister Manajemen Universitas Lampung ini, diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tanggal 1 Maret 1989 Golongan III/a dan resmi diangkat menjadi PNS pada tanggal 1 Oktober 1990.

Riwayat jabatan dan pengalaman Adi Erlansyah pernah menjabat sebagai Kasubbag Pembinaan Perusahaan Daerah dan Perbankan pada Bagian Perekonomian Sekretariat Kota Bandar Lampung pada tahun 1991, Kasi Pembukuan dan Pelaporan pada Dinas Pendapatan Daerah Kodya DATI II Kota Bandar Lampung tahun 1993, Kasi Perencanaan dan Pengendalian pada Dinas Pendapatan Daerah Kodya DATI II Kota Bandar Lampung pada tahun 1994, Kasubbag Tata Usaha pada Dinas Pendapatan Daerah tahun 1999 Kota Bandar Lampung, Sekretaris Badan Perencanaan Daerah Kota Bandar Lampung tahun 2000.

Kemudian, Sekretaris Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kota Bandar Lampung, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Kota Bandar Lampung pada tahun 2008, Kepala Dinas Tata Kota Bandar Lampung tahun 2010.

Selanjutnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) tahun 2011 sampai 2019. Dan kembali ke Pemerintah Provinsi menjabat sebagai Inspektur pada tanggal 2 Januari 2020, serta Pjs. Bupati Kabupaten Lamteng pada tanggal 26 September 2020. Dan sampai hari ini menjabat sebagai Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Lampung sejak tahun 2021.

Selama berkarier menjadi ASN, Adi Erlansyah pernah meraih penghargaan atau Kehormatan Satyalancana Karya Satya tahun 2009 dan 2019 oleh Presiden Republik Indonesia.

Selain itu, Adi juga pernah mengikuti kursus diluar negeri South Asia Urban And City Management Course Jaipur India pada tahun 2002.

Dengan jabatan dan pengalaman itu, akhirnya Adi Erlansyah ditunjuk sebagai Pj. Bupati Kabupaten Pringsewu oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menjabat selama 1 tahun melalui proses tim penilaian akhir (TPA). (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post