Unjuk Rasa Karena Tak Diundang R.A.T.

Bandarlampung - Sejumlah massa yang mengatasnamakan anggota Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Panjang berunjuk rasa karena merasa tidak dilibatkan dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2021. Pengunjuk rasa melakukan protes dengan mendatangi kegiatan RAT yang digelar di Ballroom Hotel Raddison, Kota Bandar Lampung.




Koordinator aksi, Nurdin mengeklaim, massa merupakan ratusan anggota koperasi yang tidak diundang dan dilibatkan dalam RAT 2021. Mereka berkumpul di depan hotel untuk menghentikan rapat yang dianggap tidak sah karena tidak sesuai dengan AD/ART Koperasi TKBM.

Kami di sini sekitar 400 orang menuntut kegiatan RAT dihentikan karena tidak sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 1992 Tentang Perkoperasian. Setiap kegiatan pengambilan keputusan semestinya melibatkan seluruh anggota," kata dia, Senin, 21 Maret 2022.

Nurdin mengatakan, pengurus TKBM Pelabuhan Panjang mempersulit anggota untuk mengikuti RAT dengan memberikan persyaratan yang tidak masuk akal. Bahkan, ratusan anggota tidak mengetahui ihwal kegiatan itu.

"Koperasi ini adalah usaha bersama yang di dalamnya ada ratusan anggota. Uang kami miliaran rupiah di sana yang dikelola Agus Sujatma (Ketua Koperasi TKBM). Tetapi mengapa saat laporan tahunan atas uang itu kami tidak dilibatkan," ujarnya.

Nurdin menyayangkan sikap pengurus yang terkesan sengaja tidak melibatkan ratusan anggota dalam RAT 2021 tersebut. Dalih yang dipakai, katanya, bahkan terlalu dibuat-buat.

"Kalau alasan tidak bisa melibatkan kami karena pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), ya cari tempat yang lebih luas, misalnya di lapangan atau seperti biasa di pelabuhan. Kalaupun tidak bisa, ya pakai aplikasi daring," ujarnya.

Sementara itu, di Ballroom Hotel Raddison, RAT 2021 masih terus berlangsung. Terlihat pengurus TKBM hadir seperti ketua dan wakil. Selain itu, terlihat juga perwakilan dari KSOP Lampung, Dinas Koperasi & UKM Lampung, dan 31 anggota koperasi yang mewakili 697 anggota lainnya.

Kepala Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, Agus Sujatma belum berkenan memberikan komentar mengenai aksi ratusan buruh yang berkumpul di lobi hotel tersebut. Ia mengatakan akan terbuka setelah RAT selesai.

"Kami hargai kedatangan teman-teman, nanti akan saya buka setelah rapat selesai," kata dia.

Post a Comment

Previous Post Next Post