Alm.Ir.Marzuli Warganegara Direkomendasikan Sebagai Pahlawan Olah Raga

Bandarlampung - Dewan Gelar Daerah (DGD) Lampung merekomendasikan Alm.Ir.Marzuli Warganegara ditetapkan sebagai Pahlawan Daerah di bidang olahraga.




Rekomendasi tersebut pun disampaikan kepada Gubernur Arinal Djunaidi untuk ditetapkan sebagai Pahlawan Daerah.


Hal itu disampaikan Kepala Dinas Sosial Lampung Aswarodi saat diwawancari melalui sambungan teleponnya, Selasa (1-3-2022).


"Hasil rapat kemarin, Dewan Gelar Daerah merekomendasikan kepada Pak Gubernur agar Marzuli Warganegara ditetapkan sebagai Pahlawan Perintis dan Pembina Olahraga Daerah Provinsi Lampung," kata Aswarodi.


Dia menjelaskan, jika rekomendasi tersebut disetujui Gubernur Arinal Djunaidi, maka akan langsung disampaikan pada HUT Provinsi Lampung.


"Rencananya apabila pak gubernur menyetujui, ini akan disampaikan bertepatan dengan HUT ke 58 Provinsi Lampung. Jadi tinggal persetujuan pak gubernur," tuturnya.


Dia menuturkan, pada tahun 2021 ahli waris mengusulkan agar Marzuli Warganegara ditetapkan sebagai Pahlawan Daerah melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD).


"Permintaan dari ahli waris agar dapat dianugerahi sebagai Pahlawan Daerah di bidang olahraga," sebutnya.

Dia melanjutkan, berkas usulan itu pun diusulkan ke Dinas Sosial dan disampaikan ke Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD).


"Setelah diteliti dan dikaji, kami rapatkan dengan ahli waris sebelum dinaikkan ke DGD. Sehingga jadilah buku laporan yang diajukan ke DGD untuk dipresentasikan," jelasnya.

Dia menjelaskan, hasil itu pun langsung dibahas oleh DGD yang disetujui agar Marzuli Warganegara untuk direkomendasikan kepada gubernur.


Diketahui, Dewan Gelar Daerah Diketuai Prof M Yusuf S Barusman, Wakil Ketua Brigjen TNI (Purn) Toto Jumariono beberapa anggota. Yakni Prof H Mukri, Faisol Djausal, Dr Garaika Hamzah, Supriyadi Alfian MH, Dr Mawardi Harirama.


Kemudian Sekretariat dipimpin Kepala Dinas Sosial Lampung beserta anggota: Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Diskominfotik, Kepala Biro Kesra, Kepala Biro Hukum.



Post a Comment

Previous Post Next Post