GPAN; Pelayanan Sehari Desa Sinar Rejeki Sarat Akan Pungli Dan Polemik

Lampung Selatan - Pelayanan dokumen kependudukan menjadi prioritas guna menjadi identitas data masyarakat dalam distribusi program lintas sektoral. Dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan memberikan dukungan anggaran milyaran rupiah agar masyarakat mendapatkan manfaat dan fasilitas akan dokumen kependudukan.



Namun pelaksanaan pelayanan satu atap yang dilaksanakan pada 26/01/2022 menjadi catatan buruk untuk pelayanan sehari, salah satunya adalah pelayanan dokumen kependudukan yang membuat puluhan masyarakat desa Sinar Rejeki harus menelan pil pahit karena dokumen kependudukan yang diharapkan akan selesai dengan menggunakan akses dan fasilitas yang awalnya dinilai dapat membantu masyarakat desa ternyata tidak dapat menyelesaikan masalah dokumen kependudukan.

Salah satu warga inisial S yang awak media wawancarai di rumahnya memberikan keterangan bahwa alasan dari pihak pelayanan capil terkesan mengada ada dan merasa sangat kecewa akan pelayanan capil kecamatan Jati Agung.

Dalam pelayanan sehari di Balai Desa Sinar Rejeki juga ternyata terjadi piungli terhadap pembuatan surat ganti rugi tanah garapan yang sosialisasinya gratis dengan alasan pemutihan namun kenyataannya warga yang akan mengurus surat tersebut harus membayar administrasi kepada pamong inisial BN dan SN sebesar Rp.400 - 500 ribu rupiah untuk bidang lahan tinggal sehingga warga yang ingin mengurus surat mengurungkan niatnya.

Ketua DPP LSM GPAN, Edi Syahputra, ST angkat bicara, "kami sudah melakukan pelaporan pungli terhadap pembuatan surat ganti rugi tanah garapan terhadap 2200 hektar lebih lahan ke KEJARI Lampung Selatan dan sedang dalam tahap pemeriksaan, karena hal tersebut

Administrasi pembuatan surat ganti rugi tanah garapan tidak pernah ada Perdes yang mengatur akan hal tersebut dan tidak pernah dimasukkan dalan PAD di Apebedes".

Awak media melakukan konfirmasi 30/01/2022 terkait informasi terkait hal ini melalui no whatsapp widi sebagai sekretaris desa Sinar Rejeki, namun sampai berita ini diturunkan awak media belum mendapatkan klarifikasi akan hal ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post