Pemkab Lambar Serahkan Bantuan Alat Industri, Sarana Perdagangan, dan Bansos Bagi UMKM

UNDERCOVER - Pemerintahan Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan alat industri, sarana perdagangan, dan bansos bagi UMKM pada Senin 18 Oktober 2021, bertempat di Pendopo Lingkungan Lamban (Rumah) Dinas Bupati Lambar, Komplek Kebun Raya Liwa (KRL) Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit.



Bantuan yang diberikan melalui program perencanaan dan pengembangan industri berupa Bantuan Peralatan Industri (IKM) sejumlah 32 unit yang terdiri dari:

- 2 unit coffee rousting

- 3 unit mesin jahit

- 4 unit mesin bordir

- 1 unit pemanggang ikan

- 5 unit perajang keripik

- 4 unit alat membatik

- 1 unit mesin pengupas kedelai

- 10 unit sealer

- 1 unit alat pemotong kayu (mini cainsaw)

- 1 unit alat pemotong kayu (cyrcle).


sedangkan bantuan yang diberikan dari program peningkatan sarana distribusi perdagangan berupa pengadaan gerobak dagang sejumlah 45 unit, diperuntukkan kepada para pedagang mandiri.

Juga bantuan program pemberdayaan UMKM yaitu bantuan sosial bagi UMKM berupa uang tunai sebesar Rp. 500.000,- untuk 200 UMKM. Bantuan uang tunai tersebut langsung ditransfer ke rekening masing-masing penerima melalui Bank Lampung Cabang Liwa.

Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus mengatakan Bantuan yang diberikan oleh pemerintah ini merupakan salah satu upaya pendorong untuk menggerakkan roda perekonomian masyarakat. "Saya berpesan kepada para penerima, manfaatkan batuan ini yang sebaik-baiknya", pungkasnya.

Kepala Dinas Pertanian Ir. Sugeng Raharjo, MP. menyebutkan bantuan yang diberikan ini dalam rangka meningkatkan kapasitas pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dibidang permodalan dan sarana perdagangan serta alat produksi menuju UMKM yang Hebat dan Sejahtera.

"Bantuan dari Pemkab Lambar melalui program Dinas Koperindag merupakan aktualisasi misi ke-3 Bupati dan Wakil Bupati Lambar, yaitu meningkatkan perekonomian yang berorientasi pada Agro bisnis dan agro wisata berbasis sumber daya lokal", sebut Sugeng.

Post a Comment

Previous Post Next Post