PPKM Jawa-Bali Diperpanjang, Ganjil-Genap Diterapkan di Lokasi Wisata

UNDERCOVER - Kebijakan PPKM kembali diperpanjang pemerintahan sampai 20 September 2021. Dalam PPKM ini kali, diberi beberapa kelonggaran seperti lokasi hiburan dan rekreasi dalam seminggu di depan.


Koordinator PPKM Jawa dan Bali, Luhut Binsar Panjaitan bioskop di wilayah dengan status PPKM Tingkat 2 dan 3 sudah dapat dibuka dengan kemampuan optimal 50 %. Tetapi, untuk masyarakat yang ingin ke bioskop harus bisa lolos skrining program Pedulilindungi.

"Implementasi prosedur kesehatan yang ketat dan cuman yang kelompok hijaulah yang bisa masuk tempat bioskop," tutur Luhut dalam penjelasannya secara vitual, Senin 13 September 2021.

Ia memperjelas lokasi tempat rekreasi akan dibuka dengan prosedur kesehatan ketat dan implikasi perduli jagalah pada beberapa kota tingkat 3 ditambahkan. Tetapi, akses ke arah tempat rekreasi akan diaplikasikan mekanisme jalan raya ganjil-genap di akhir minggu, semenjak Jumat jam 12.00 s/d Minggu jam 18.00 WIB.

"Maksudnya untuk kurangi kendaraan yang tiba ke situ. Tidak boleh sama seperti yang terjadi di kasus pangandaran pekan kemarin di mana jumlah pengunjung mengagumkan jumlahnya," terang Luhut yang Menko bidang Kemaritiman dan Investasi.

Luhut sempat menjelaskan, kasus positif COVID-19 turun sampai 93,9 % dari pucuk kenaikan variasi delta di bulan Juli kemarin. Dia mengutamakan turunnya angka kasus ini karena kesuksesan implementasi PPKM.

"Pengurangan trend kasus verifikasi secara nasional sampai 93,9 % dan secara detil di Jawa-Bali turun sampai 96 % dari titik pucuknya pada 15 Juli lalu," tutur Luhut.

Awalnya, Luhut menjelaskan PPKM berbasiskan tingkat akan diaplikasikan sampai keadaan wabah COVID-19 berkurang. Pada PPKM ini kali, Propinsi Bali turun ke tingkat 3. Karenanya, sekarang cuman ada tiga kabupaten/kota yang mengaplikasikan PPKM dengan status Tingkat 4.

"Pemerintahan pada akhirnya sukses turunkan propinsi Bali jadi Tingkat 3. Hingga dari 11 kota/kabupaten tingkat empat minggu lalu, ini hari banyaknya menyusut jadi 3 kabupaten/kota saja," tutur Luhut, Senin 13 September 2021.

Post a Comment

Previous Post Next Post