KPK Perkuat Perencanaan Pencegahan Korupsi Lewat Survei Penilaian Integritas 2021

UNDERCOVER - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah melakukan Survey Penilaian Integritas (SPI) 2021. Survey ini bagian dari aktivitas pencegahan korupsi untuk perkuat rencana dan penilaian aktivitas pencegahan untuk kementerian, instansi dan pemda.




Juru Bicara KPK BIdang Pencegahan Ipi Maryati menjelaskan SPI 2021 dilaksanakan secara massif pada 542 Pemerintahan Wilayah and 95 Kementerian/Instansi dengan sistem e-SPI (online survey). Keseluruhan sasaran informan sekitaran 200ribu orang yang hendak isi quesioner SPI. "Kami akan mengontak minimal dua juta orang untuk diminta kesediaannya isi quesioner, ingat rintangan survey online yang umumnya tanggapan ratenya tidak besar," kata Ipi.




SPI telah dilaksanakan semenjak tahun 2007, dengan beragam pembaruan dan peningkatan, survey ini jadi Program Fokus Nasional dalam RPJMN 2020-2024 berkaitan tanda taktik pengokohan implikasi taktik nasional Pencegahan korupsi. Disamping itu, SPI jadi referensi pada penilaian Reformasi Birokrasi dari Kementerian PANRB untuk tanda pemerintah yang bersih dan bebas KKN.




"Dalam penerapan tahun ini, KPK menunjuk PT MarkPlus, Inc. sebagai faksi ke-3 untuk lakukan penghimpunan data berbentuk survey secara online dan pengamatan lapangan."




Ingat keutamaan hasil survey ini, lanjut Ipi, KPK akan mengontak beberapa faksi yang hendak jadi informan survey ini. Informan survey ini terbagi dalam faksi intern kementerian, instansi dan pemda dan faksi external. Faksi external sebagai informan survey ialah pemakai service khalayak dan partner kerja-sama. Disamping itu, survey ini mengikutsertakan beberapa pakar dan penopang kebutuhan yang lain mempunyai kapabilitas dan info yang ideal berkenaan lembaga kementerian, instansi dan pemda.




Serangkaian aktivitas SPI berjalan semenjak Agustus sampai bulan Oktober 2021. Faksi MarkPlus akan mengontak calon informan lewat whatsapp blast dan e-mail blast dengan menyertakan surat sah pengantar dari KPK.




"Lakukan survey di periode wabah sebagai rintangan tertentu, oleh karenanya kami mengharap khalayak yang dikontak menjadi informan survey ini dapat berperan serta sebagai bentuk kepedulian untuk turut membuat service khalayak yang bersih dan bebas dari korupsi," tegas Ipi.

Post a Comment

Previous Post Next Post