Kilas Balik, Permata Asal Lampung Unjuk Gigi di HUT RI ke-76

UNDERCOVER - HUT RI ke-76 yang dilaksanakan di Istana Negara pada Selasa (17/8/2021) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pamerkan batu permata bungur Tanjungbintang yang berasal dari Lampung Selatan.



Hal tersebut berdasarkan usulan Anshori Djausal, yang menambahkan Batu Ametis (amethyst quartz) berwarna ungu dan berkilau guna mengenalkan permata ikonik yang berasal dari Lampung.

Batu yang terpasang di kiket (topi) dan dengan di tambah pakaian Adat Lampung yang dikenakannya akan menambah kesan wibawa dari seorang pemimpin.

"Bersama Dekranas, Pemda Lampung, PKK, saya membantu mendesain, terutama pada topi atau kiket, yakni dengan menambahkan batu bungur tanjungbintang untuk menambah keindahan dan keanggunan, serta membuat petunjuk cara memakainya, ujar Anshori, Selasa (17/8/19).

"Yang pasti harus istimewa, karena yang memakainya adalah Pak Presiden," sambungnya.

Anshori juga menambahkan, batu tersebut bisa meningkatkan kharisma pemakai nya dan menambah keindahan serta akan terlihat lebih anggun.

Selain itu, batu permata ini juga banyak diminati dan dicari atas keunggulan yang dimiliki, dimana harga batu tersebut bervariasi mulai dari Rp50 juta sampai Rp500.000 yang tergolong batu mulia kelas dunia.

Menurut Ekowato (25), salah satu penjual batu cincin di Bandar Lampung, batu bungur tanjungbintang sukar diolah. "Meski bongkahan awalnya besar, tapi yang jadi hanya kecil saja. Selain itu, dalam prosesnya kerap gagal dibentuk dan terkadang hasilnya tidak maksimal.

Selain itu, batu bungur juga belakangan mulai sulit ditemukan di alam. Atas alasan itulah, batu cincin asal Lampung Selatan itu memiliki harga yang istimewa.

"Kolektor dunia asal China sangat berminat dengan jenis batu akik itu, kata Ekowato, pedagang batu mulia di Lampung.


Post a Comment

Previous Post Next Post