Kendaraan Operasional Dishub Pesibar Terkesan Ditelantarkan

 Pesibar, UNDERCOVER - Kendaraan yang dikelola oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Pesisir Barat terkesan ditelantarkan begitu saja di halaman belakang kantor Dishub tepatnya di Terminal Way Batu, Kecamatan Pesisir Tengah.




Pada hari Kamis (20/05/2021) Dalam pantauan awak media 3 buah mini bus dan 2 buah bus terkesan tidak dirawat dengan semestinya oleh Dishub Pesibar, bagaimana tidak, 3 buah mini bus yang terparkir di halaman belakang kantor Dishub terlihat sangat memperihatinkan, cat sekeliling mobil tersebut sudah mengelotok sehingga terlihat dasar bahan bodi dari mobil itu, serta bagian luar mobil sudah banyak diselimuti karat, terlebih rumput yang tumbuh subur dibawah mobil-mobil itu yang membuatnya terkesan seperti tak pernah di sentuh oleh pihak Dishub Pesibar, 2 bus yang terparkir juga terlihat sudah diselimuti debu cukup tebal.

Saat dikonfirmasi dengan Kabid Prasarana dan Keselamatan yang dijabat oleh Ahmad Hafid Asikin,ia membenarkan bahwasanya sejumlah kendaraan operasional tersebut memang tidak beroperasi semenjak adanya Covid-19.

Masih kata ahmad, terkait dengan pemeliharaan aset kendaraan operasional itu memang tidak dianggarkan dari Pagu anggaran yang diterima oleh Dinas Perhubungan karena anggarannya tidak mencukupi, selama ini untuk memelihara kendaraan-kendaraan itu anggarannya diambil dari hasil sewa sehari-hari yang diterima Dishub, namun semenjak Covid-19 merebak di Indonesia pengoperasian kendaran ini dihentikan karena bisa menyebabkan kerumunan dan ditakutkan menjadi tempat penyebaran virus, setelah Kendaraan ini tidak di jalankan otomatis pembiayaan untuk perwatan juga berhenti karena tidak ada pemasukan yang mendanai perawatan.

"Biaya perawatan sejumlah kendaraan itu diambil dari biaya sewa yang diterima oleh Dishub karena anggaran yang diterima oleh Dishub dari pagu anggaran yang diberikan Pemkab tidak mencukupi, namun setelah Covid-19 merebak, otomatis pembiayaan untuk perawatan juga berhenti". Tandasnya.

Saat ditanya mengenai kapan kendaraan-kendaraan tersebut akan beroperasi kembali, ia menjawab bahwa nanti akan beroperasi jika Covid-19 sudah tidak ada lagi , namun awak media mempertanyakan keamanan kendaraan itu, jika nanti dioperasikan kembali. Mengingat tidak adanya perawatan selama sejumlah mobil operasional yang sebagian mengangkut masyarakat umum ini ditelantarkan dan tidak adanya perawatan, tentu akan sangat membahayakan bagi mereka yang menggunakan transportasi ini nantinya. (Andrean)

Post a Comment

Previous Post Next Post