HUT Way Kanan ke 22 Wujudkan Unggul dan Sejahtera

 


Way Kanan, UNDERCOVER - Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan Nikman Karim didampingi Wakil Ketua 1 dan Wakil Ketua II membuka Paripurna Istimewa dalam rangka HUT ke 22 tahun Kabupaten Way Kanan , di Ruang Sidang, selasa (27/04/2021).


Rapat yang bertempat di Ruang Rapat DPRD Kabupaten Way Kanan tersebut, dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan Nikman Karim, S.H. serta dihadiri oleh Bupati Kabupaten Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M., Wakil Bupati Kabupaten Way Kanan Drs. Ali Rahman, M.T., Forkopimda, Anggota DPD RI sekaligus Bupati Kabupaten Way Kanan Periode tahun 2010 - 2015 H. Bustami Zainudin, S.Pd., M.H., Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi yang diwakilkan oleh Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan Saiful Darmawan, jajaran Pemerintahan, serta tamu undangan yang telah ditentukan.


Adipati mengatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Way Kanan ke - 22 tahun 2021 tersebut, merupakan saat yang tepat untuk kembali mengapresiasi perjuangan pemerintahan terdahulu yang pastinya sangat kesulitan disaat Kabupaten Way Kanan menjadi definitif.


"Pada hari ini 22 tahun yang lalu, Kabupaten Way Kanan menjadi Definitif. Pada saat itu, pastinya tidak mudah dalam menjalankan Pemerintahannya. Itulah mengapa, padah hari ulang tahun Kabupaten Way Kanan ke - 22 ini, kita patut mengapresiasi kerja keras yang dilakukan oleh jajaran Pemerintahan terdahulu," jelasnya.


Lebih lanjut ketua DPRD Way Kanan Nikan Karim menerangkan kronologi pembentukan kabupaten Way Kanan.



1957 Wedana Way Kanan Ratu Pengadilan rencana pusat untuk menyiapkan lahan 100 Ribu untuk Transmigrasi, dalam Gagasan Hi.Ridwan Basyah mengusulkan untuk berdiri kabupaten sendiri berpisah dari Lampung Tahun.


1975 Pada saat acara Begawi Besar H. Nasrunsyah (alm) yang menyandang gelar adat Sutan Mangkubumi, saat itu dilangsungkan juga musyawarah khusus untuk mengusulkan Way Kanan berdiri sendiri.


1986 terbentuk lah Kantor Pembantu Bupati wilayah Blambangan Umpu , Meliputi 6 Kecamatan , Blambangan Umpu, Bahuga ,Pakuan Ratu Baradatu ,Banjit dan Kasui.


1991 Pembantu Bupati Blambangan Umpu Hi Ridwan Basyah mengadakan pertemuan Adat untuk menyiapkan lahan untuk perkantoran.


1999 tiga Tokoh Masyarakat menghadiri rapat dengan komisi II yang juga dihadiri oleh Gubernur Lampung Oemarsono , Bupati Hairy Fasyah , Tokoh Masyarakat Hi untuk menyerahkan surat pembentukan kabupaten Way Kanan.


Sesuai dengan UU nomor 12 tahun 1999 terbentuknya Kabupaten Way Kanan, Lampung Timur dan Kota Metro , selanjutnya Menteri Dalam Negeri menandatangani prasasti terbentuk Kabupaten Way Kanan.



Pada acara sidang paripurna ini juga diserahkan piagam penghargaan kepada Dinas Kesehatan , BPBD , Satpol PP ,Palang Merah Indonesia , PT PSMI ,Sersan Kepala Suwandi, Sersan Dua Suyono , Ajun Inspektur Satu Polisi Iswadi dan Dok pol Brigadir Kepala Adi S.


Bupati Kabupaten Way Kanan tersebut juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan. "Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemerintahan terdahulu sampai dengan sekarang. Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Kabupaten Way Kanan. Mari kita semua bersama - sama memiliki komitmen untuk menjadi lebih baik dan semangat dalam membangun Kabupaten Way Kanan," lanjutnya.


"Ingat, Covid - 19 masih ada. Itulah mengapa saya harap kita semua serta seluruh masyarakat tetap menjalankan Protokol Kesehatan yang ada. Sekali lagi Saya Ucapkan Dirgahayu Kabupaten Way Kanan yang ke - 22 tahun 2021," tutupnya.


Dalam Rapat Paripurna itu juga, sempat dibacakan sejarah singkat Kabupaten Way Kanan oleh Ketua DPRD Kabupaten Way Kanan. Dan juga, dilakukan pemberian penghargaan terhadap beberapa instansi serta individu atas Partisipasi aktif dalam penanganan Covid - 19. 


Wan Ajo dan Grand Sapta Melaporkan

Post a Comment

Previous Post Next Post