Hus.., Wali Kota Lain Gak Boleh Ngiri !!

 



Nasional, UNDERCOVER - Resmi dilantik, dua sosok keluarga Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sama-sama menjabat Walikota, Gibran Rakabuming dan Bobby Nasution. Meski demikan, pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden atau Paspampres tak lepas. Di hari yang sama, anak Presiden Jokowi dilantik sebagai wali kota Solo dan menantunya memangku jabatan sebagai Walikota Medan, Jumat (26/02/2021)

 

 

 

Gibran didampingi Teguh Prakosa dilantik secara virtual oleh Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah) bersama 16 kepala daerah lainnya di Jawa Tengah. Sementara itu, Bobby Nasution dan wakilnya Aulia Rachman digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu, Medan, Sumatera Utara.

 

Meskipun hanya menjabat sebagai kepala daerah, pengawalan Paspampres tetap melekat pada Bobby dan Gibran. Komandan Paspampres Agus Subiyanto menjelaskan pengawalan itu tetap diberikan lantaran Gibran merupakan anak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). "Jadi anak-anak Presiden mendapat pengawalan dari Paspampres. Bukan karena wali kotanya," kata Agus kepada awak media. Sedangkan Bobby, dijelaskan oleh Agus, tetap diberi pengawalan dikarenakan menantu Presiden Jokowi. Paspampres ditugaskan mengawal seluruh keluarga terdekat Presiden "Suami-istri dapat," tutur Agus.

 

Agus pun mengatakan, pengawalan itu sesuai dengan tugas pokok Paspampres yang diantaranya adalah, pengamanan fisik langsung jarak dekat kepada presiden, wakil presiden, keluarga presiden atau wakil presiden, tamu negara setingkat kepala negara, serta mantan presiden atau wakil presiden.

 

Hal ini seuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 59 Tahun 2013. Aturan itu tertuang dalam Pasal 3 ayat 3 yang berbunyi:

 

(3) Keluarga Presiden dan Wakil Presiden sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi:

 

a. istri atau suami Presiden dan Wakil Presiden;

 

b. anak Presiden atau Wakil Presiden; dan

 

c. menantu Presiden atau Wakil Presiden

Post a Comment

Previous Post Next Post