Walikota Bandarlampung: MTQ ke-53 Momentum Perkuat Ukhuwah



Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana secara resmi membuka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tahun 2024, yang dilangsungkan di Lapangan Stadion Way Dadi Sukarame, Bandarlampung, Senin malam, 27 Mei 2024.

Ketua Pelaksana MTQ ke-53 Tahun 2024, Sapto Hariyanto, yang juga Camat Kedaton, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan nikmat-Nya, sehingga acara tersebut dapat berlangsung.

"Alhamdulillah kita masih dapat berkumpul dan bersilaturahmi di Stadion Mini Way Dadi Sukarame ini dalam rangka pelaksanaan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an MTQ ke-53 tingkat Kota Bandarlampung tahun 2024," ujarnya.

Sapto menjelaskan bahwa tema MTQ ke-53 tahun 2024 adalah "Mewujudkan Generasi Muda Kota Bandarlampung yang Cinta Alquran".

Penyelenggaraan MTQ ini didasarkan pada Keputusan Wali Kota Bandarlampung nomor 399/I/05/2024 tanggal 27 Februari 2024, yang menetapkan Kecamatan Kedaton sebagai tempat penyelenggaraan.

MTQ tahun ini diikuti oleh 421 peserta dari 20 kecamatan se-Kota Bandarlampung, dengan 231 orang official dan 4.254 pendamping.

Dewan Hakim yang berjumlah 65 orang berasal dari Kantor Kementerian Agama Kota Bandarlampung, Universitas Islam Lampung, dan pimpinan pondok pesantren.

Perlombaan ini berlangsung dari tanggal 27 Mei 2024 hingga 30 Mei 2024 dengan beberapa cabang yang dilombakan.

Cabang tilawah golongan tartil anak-anak, remaja, dan dewasa dilaksanakan di Lapangan Way Dadi Sukarame, sementara cabang qiroatul Quran golongan qiroat Murottal dan tilawah golongan tartil Alquran di Masjid Lailatul Qadar.

Cabang Al Quran golongan Tahfidz 1, 5, dan 10 juz serta tilawah golongan cacat di Masjid Darussalam, golongan Tahfidz 30 juz dan Tafsir Alquran di Masjid Jami Taufiqurrahman, cerdas cermat di Masjid Babussalam, dan Syarhil Quran di Masjid Al Hikmah.

Ketua LPTQ Provinsi Lampung, Qodratul Ikhwan, menyampaikan bahwa kegiatan MTQ ini adalah sarana syiar Al Quran dan motivasi dalam membangun generasi yang Qurani.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat sinergi dan menjadikan Al Quran sebagai landasan dalam pembentukan mental yang berani dan religius.

Sementara, Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana dalam sambutannya menekankan pentingnya meningkatkan pemahaman dan kecintaan terhadap Al Quran serta membangun hubungan harmonis dalam masyarakat.

"Musabaqah Tilawatil Quran MTQ ke-53 Tahun 2024 ini bukan sekedar acara seremonial, tapi juga sarana muhasabah dan muraqabah bagi umat Islam," jelasnya.

Eva juga mengajak semua pihak untuk memperkuat kerukunan umat beragama di Kota Bandarlampung dan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya MTQ ke-53 ini.

"Selamat berlomba, semoga Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa memberikan kemudahan dalam setiap usaha dan langkah kita untuk melakukan segala sesuatu demi kebaikan," tutup Eva Dwiana.

Post a Comment

Previous Post Next Post