Banjir Rob Mulai Terjadi di Kawasan Wisata Pulau Pahawang

LAMPUNG, - Kawasan Teluk Lampung mulai terjadi rob. Air laut sampai naik ke permukiman warga di Desa Pulau Pahawang, Kecamatan Margapunduh, Kabupaten Pesawaran, Rabu (13/3/2024), pukul 09.00 WIB.




Pulau Pahawang merupakan kawasan wisata. "Akibatnya air menggenang di permukiman warga yang puncaknya terjadi selama kurang lebih 30 menit," kata Kepala Desa Pulau Pahawang Ahmad Salim, Kamis (14/3/2024).

Menurutnya, pergerakan air laut menuju puncak pasang itu yang berbahaya, harus waspada, jangan lengah, meskipun ini terjadi kemarin, namun kewaspadaan kita harus tetap terjaga," ujarnya.

Ia menjelaskan, pasang maksimum air laut telah terjadi di Desa Pulau Pahawang dan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi lagi.

"Akibatnya, pasang maksimum air laut pada tahun ini mengakibatkan terendamnya permukiman bahkan infrastruktur seperti jalan raya, bahkan fasilitas umum itu sudah terendam sama air laut," jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, tak hanya merendam permukiman, dampak lain dari pasang maksimum air laut ini juga meninggalkan sampah seusai air surut.

"Sampah dan air laut yang tergenang tersebut berdampak pada lingkungan dan kesehatan masyarakat di Pulau Pahawang," kata dia.

"Memang kalau kita bicara daerah pulau, sangat riskan sekali terjadi seperti ini dan kita sendiri perlu mewaspadai hal tersebut, apalagi dengan cuaca yang berubah-ubah saat ini," pungkasnya.

Diketahui, untuk saat ini pasang maksimum air laut yang masuk ke permukiman warga Desa Pulau Pahawang Kecamatan Margapunduh telah mulai surut tidak sedalam pada puncaknya kemarin.

Post a Comment

Previous Post Next Post