ROAD TO REUNI AKBAR 43 : Setetes Darah Alumni SMAN 3 Bandar Lampung Untuk Penyelamatan Jiwa



Saatnya peduli, waktunya berbagi setetes darahmu, selamatkan sejuta jiwa. Tema ini diambil dalam kegiatan road to Reuni Akbar Alumni SMA Negeri 3 Bandar Lampung (d/h SMAN 3 Tanjung Karang / SMANTA) ke-43 tahun tahun 2023.

Tema ini memiliki makna begitu mendalam. Mengajak dan menggandeng seluruh lulusan perdana hingga teranyar tahun 2022 untuk peduli dan berbagi kepada sesama. Untuk mereka yang terbaring lemah di rumah sakit, dalam keadaan genting dan darurat karena sakitnya membutuhkan pertolongan transfusi darah.

Road to donor darah sengaja dilaksanakan di area terbuka, di kawasan kegiatan Car Free Day di sekitar bundaran Tugu Adipura, Kota Bandar Lampung, pada Ahad 10 Desember 2023.

Jajaran empat palbet portable milik Palang Merah Indonesia (PMI) Lampung sudah terbentang sedari pagi. Satu persatu alumni lintas generasi dengan wajah ceria mulai hadir. Setelah memastikan kondisi kesehatan layak donor. Mereka harus lolos sejumlah kreiteria.

Adapun syarat lolos donor antara lain sehat jasmani dan rohani, berusia 17 – 60 tahun, memiliki berat minimal 45 kilogram, dan suhu tubuh antara 36,6 – 37, 5 derajat celcius.

Kemudian tekanan darah di range antara 100 – 160 sitolik dan 70 – 100 diastolik, saat pemeriksaan denyut nadi sekitar 50 – 100 kali per menit dan tak kalah penting adalah kadar hemoglobin minimal 12 gr/ dl untuk perempuan dan 12,5 gr/ dl untuk pria.

”Kami dari alumni SMAN 3 Bandar Lampung mencoba memberikan kontribusi positif bagi masyarakat yang sedang membutuhkan darah,” kata Damriani, Bendahara Reuni Akbar SMANTA ke-43 di lokasi acara.

Perempuan berkacamata yang kerap dipanggil Ibu Ani merupakan alumni pertama tahun 1977 juga sebagai guru di sekolah berjuluk Kampus Palapa ini memastikan selain alumni, kegiatan donor darah disambut antusiasme dari masyarakat umum dan mereka yang berasal dari komunitas donor darah.

Total hingga acara donor darah usai, sedikitnya ada 100 kantong darah yang berhasil dikumpulkan. Selanjutnya darah akan menjalani screening laboratorium, baru setelah dinyatakan aman, akan dijadikan stok di Markas PMI.

”Harapan kita dengan adanya pelaksanaan donor darah ini dari alumni SMAN 3 Bandar Lampung. Insyaallah dapat membantu teman teman yang memerlukan, karena kita lihat kebutuhan darah itu memang masih kurang. Insyaallah darah yang terkumpul bermanfaat,” sambungnya.

Salah seorang alumni angkatan ’95 Edy Syafril turut serta menjadi pendonor. Meskipun bukan sebagai pendonor aktif regular dan terjadwal. Namun bagi pria dengan profesi Event Organizer ini kegiatan donor darah menjadikan seseorang lebih peduli terhadap sesama.

”Darah saja didonorkan (diberikan) kepada orang lain, tanpa kita tahu siapa yang akan menerimanya. Ini akan mengajarkan dan menumbuhkan jiwa sosial dan empati terhadap sesame,” ujar Uyung, sapaan akrabnya. Peserta donor darah pada kegiatan ini kurang lebih 100 orang, pendonor dari rekan-rekan alumni dan masyarakat umum yang ada di Bandarlampung berantusias mengikuti kegiatan tersebut.

Menuju Acara Puncak Reuni Akbar SMANTA

Ibu Ani dalam kesempatan baik ini juga kembali mengajak kepada seluruh alumni SMANTA untuk terlibat aktiv. Berkumpul, bersosialisasi, membuka komunikasi dan urun rembug untuk memberikan kontribusi kemajuan atas sekolah yang dicintai.

Disebutkanya, banyak sekali alumni SMANTA menyebar di pelbagai daerah dan lini pekerjaan atau profesi. Seperti kepala daerah, pengusaha, politikus, dekan, dokter, dirjen, artis dan pos jabatan penting lain.

”Ayo semua alumni, jangan sampai ada sekat – sekat antar angkatan. Dalam darah kita mengalir semangat untuk membangun dan memajukan SMANTA. Mari ikuti reuni akbar ini,” jelasnya.

Puncak Reuni Akbar ke-43 SMANTA akan dihelat pada Sabtu 23 Desember 2023 di Graha Wangsa, Bandar Lampung. Pendaftaran bisa dilakukan melalui koordinator masing – masing alumni.

Keseruan even ini sudah disiapkan sejumlah acara, seperti senam kesegaran jasmani (SKJ), artis ibukota dan tentunya tali kasih kepada pensiunan guru. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post