Re-Akreditasi Berakhir, Puskesmas Ngaras Dapat Apresiasi Kadis dan Surveyor

 


Pesisir Barat - Kegiatan survei re-akreditasi di UPTD Puskesmas Ngaras sudah berakhir, hal ini sekaligus menandakan survei akreditasi seluruh Puskesmas di Pesisir Barat selesai.

Berakhirnya survei Re-Akreditasi Puskesmas Ngaras ditandai dengan penyerahan kembali kendali kegiatan dari ketua tim survei dr. Rahmad Wahyu Hidayat kepada Kepala UPTD Puskesmas Ngaras Ns. Andi Basuki, S.Kep.

Kegiatan pemotretan Puskesmas tersebut berlangsung selama tiga hari, mulai dari hari Kamis 28 Desember sampai Sabtu 30 Desember 2023.

Penutup survei re-akreditasi di gelar Sabtu (30/12/23), di halaman Puskesmas Ngaras yang ditutup langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko, S.Km.,S.H.,MM., di dampingi oleh Kepala Bidang PSDK Meida Siswati beserta jajaran dari Dinas Kesehatan lainnya.

Dalam Kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Tedi Zadmiko menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada tim surveyor atas arahan dan bimbingan yang sudah diberikan selama tiga hari serta ucapan terima kasih kepada seluruh tim akreditasi serta seluruh staf Puskesmas Ngaras.

"Semoga kegiatan ini dapat di jadikan sebagai motivasi untuk terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, kinerja pegawai dan keselamatan pasien/masyarakat. Semoga hasilnya nanti, Puskesmas Ngaras bisa mendapat status Akreditasi Paripurna dari pemotretan yang dilakukan oleh tim surveyor,” ujar Tedi.

Menurut Tedi dari sisi fisik hingga SDM Puskesmas Ngaras sudah cukup memadai, namun tantangan kedepan tentunya dokumen itu bukan hanya ditulis melainkan dilaksanakan. 

"Jadi tulis apa yang dikerjakan dalam dokumen dan laksanakan apa yang ada dalam dokumen itu," paparnya.

"Itu nantinya yang akan kita jadikan pedoman kedepan dan kami cukup optimis nantinya kita akan mendapatkan hasil yang positif atau baik, dengan semangat yang dimiliki untuk memberikan pelayanan kesehatan bukan hanya pelayanan kesehatan perorangan, melainkan juga mendorong tingkat pelayanan kesehatan masyarakat itu sendiri," tandas Tedi Zadmiko.

Tedi melanjutkan Puskesmas merupakan elemen penting dalam sistem kesehatan. Puskesmas adalah garda terdepan dalam memberikan layanan kesehatan dasar kepada masyarakat. Oleh karena itu, kata Tedi, untuk mencapai tingkat akreditasi yang tinggi harus ada komitmen bersama untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada warga.

Sedangkan salah satu surveyor akreditasi Puskemas Ngaras dr. Rahmad menyampaikan, dari tiga hari melakukan pemotretan semua pelayanan yang ada di Puskesmas Ngaras sudah berjalan cukup baik. Baik pelayanan kesehatan perorangan di dalam gedung maupun upaya pelayanan kesehatan masyarakat.

"Dengan dukungan lintas sektor, dukungan Dinas Kesehatan Insyaallah kedepan bakal lebih baik lagi. Dukungan Dinas Kesehatan sudah cukup berjalan baik. Namun hanya perlu ada sedikit pembenahan di sana sini terkait dengan regulasi yang mendukung akan hal ini," imbuhnya.

"Terus laksanakan pelayanan yang sudah dilaksanakan, tingkatkan dan jangan pernah puas, teruslah berbenah, the chase of quality improvement (perbaikan terus menerus) itu kuncinya ," pesan dr. Rahmad Wahyu Hidayat. (Andrean/Wawe/AKJII)

Post a Comment

Previous Post Next Post