Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Ngaras, Survei Re-Akreditasi Dimulai sebagai Pendorong Perubahan Positif

 


Pesisir Barat - Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, tim surveyor Komite Akreditasi Kesehatan Pratama (KAKP) melaksanakan survei re-akreditasi Puskesmas Ngaras Kecamatan Ngaras, Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (28/12/2023).

Pembukaan acara re-akreditasi di Puskesmas ngaras dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Tedi Zadmiko, S.Km.,S.H.,M.M, serta jajaran Kepala UPTD Puskesmas se-Kabupaten, Camat, Kapolsek, Danramil, Direktur RS KH. M Thohir, Kepala KUA, Marga Sai Batin Ngaras, dan Tokoh Masyarakat.

Untuk mendapatkan status Puskesmas akreditasi, semua persyaratan harus disiapkan dengan matang, baik sarananya maupun pelayanan kesehatan. Ada Empat tingkatan akreditasi Puskesmas, yakni Strata Dasar, Madya, Utama dan yang paling tinggi adalah Paripurna.

Dalam sambutan sekaligus membuka acara, Tedi Zadmiko mengatakan sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat, ia memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kualitas pelayanan kesehatan, karena harus memastikan bahwa semua persyaratan akreditasi terpenuhi dengan baik.

"Dari seluruh Faskes yang ada di Pesisir Barat sudah Empat Puskesmas dan Satu Rumah Sakit yang sudah keluar hasil penilaian akreditasi dari Kementerian Kesehatan, Tujuh Puskesmas lainnya saat ini sedang berproses, sedangkan Puskesmas Ngaras ini baru dimulai survei re-akreditasinya," ujar Tedi.

Tedi berharap, dengan adanya survei re-akreditasi ini, kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Ngaras akan semakin meningkat. Masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik dan lebih berkualitas, selain itu dengan adanya Re-akreditasi ini, Puskesmas di Pesisir Barat akan mendapatkan pengakuan dan apresiasi yang lebih tinggi.

Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, Kepala UPTD Puskesmas Ngaras Ns. Andi Basuki, S.Kep menyampaikan untuk saat ini akreditasi yang disandang tingkat Madya dan akan berkomitmen untuk terus melakukan pembenahan dan perbaikan, agar dapat mencapai tingkat akreditasi yang lebih tinggi, yaitu akreditasi Paripurna.

Menurut Andi untuk memastikan bahwa Puskesmas telah memenuhi standar pelayanan kesehatan yang ditetapkan. Dalam hal ini, Puskesmas Ngaras ditargetkan untuk meraih akreditasi Paripurna, yang merupakan tingkat tertinggi dalam penilaian akreditasi. Hal ini untuk menunjukkan bahwa komitmen Puskesmas Ngaras dalam memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat.

"Untuk mencapai target akreditasi Paripurna, Puskesmas Ngaras akan melakukan berbagai upaya perbaikan peningkatan infrastruktur, standar fasilitas, pelayanan kesehatan sesuai standar dan kelengkapan dokumen," ujar Andi.

Surveyor re-akreditasi dari KAKP dr. Rahmad Wahyu Hidayat disela melaksanakan survei menyampaikan bahwa, re-akreditasi penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan agar mencapai target akreditasi Paripurna. 

"Penilaian survei ini akan melibatkan masyarakat lintas sektor, kelengkapan dokumen yang terdiri dari Lima Bab, dan penelusuran dari presepsi masyarakat langsung terhadap pelayanan kesehatan Puskesmas Ngaras," kata Rahmad.

Untuk proses penilaian re-akreditasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa fasilitas kesehatan memiliki kualitas yang memadai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Rahmad berharap Puskesmas Ngaras dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan memenuhi kebutuhan masyarakat dengan baik. (Andrean/Wawe/AKJII)

Post a Comment

Previous Post Next Post