Pemkot Bandar Lampung Rutin Pantau Harga Semboko Jelang Natal & Tahun Baru


Pemerintah Kota Bandar Lampung melalui Dinas Perdagangan, rutin pantau harga sembilan bahan pokok makanan di sejumlah pasar Kota Tapis Berseri.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Bandar Lampung, Iwan Gunawan, Kamis, 7 Desember 2023. Aktivitas itu, katanya, guna menjaga inflasi di Kota Bandar Lampung.

“Aktivitas mengecek harga sembako ini juga untuk memantau harga menjelang Natal dan Tahun Baru,” ujar Iwan yang juga Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum itu.

Menurut dia, langkah menghadapi inflasi pihaknya juga melakukan rapat koordinasi dengan pemerintah pusat. “Rapat kami lakukan setiap Minggu dan Senin,” jelasnya.

Dalam mengantisipasi hal tersebut, kata Iwan, Pemkot menggelar pasar murah dan membagikan bantuan beras kepada masyarakat. “Berasnya dari pemerintah pusat,” katanya.

Diketahui, Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, merilis angka Inflasi tertinggi di Indonesia terjadi di Kota Bandar Lampung yakni sebesar 1,06 persen pada November 2023.

Inflasi di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, disumbang oleh kenaikan harga sejumlah komoditas di wilayah tersebut. Salah satunya adalah cabai merah.

Selain itu disumbang komoditas cabai rawit 0,20 persen, bawang merah 0,07 persen, daging ayam ras 0,05 persen, tarif angkutan udara 0,03 persen, dan telur ayam ras 0,03 persen. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post