Anies Baswedan Janjikan Bangun Kereta Double Track Lampung-Palembang


Calon Presiden Anies Baswedan menjanjikan akan membangun double track dari Lampung hingga Palembang. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan efisiensi mobilitas warga.

Menurutnya, pada tahun 2009 untuk pertama kalinya penduduk kota di Indonesia lebih banyak dibandingkan penduduk desa, tahun ini sudah 56 persen penduduk tinggal di kota. Sehingga diperlukan transportasi umum di perkotaan.

Anies menilai penggunakan kendaraan pribadi ditengah padatnya penduduk akan menimbulkan kemaceran, dimana luas jalan tidak akan bertambah. BBM untuk kendaraan pribadi juga mahal serta masih disubsidi oleh pemerintah.

“Perkotaan akan mengalami kepadatan lalu lintas yang luar biasa, diperkirakan 2045 penduduk di perkotaan mencapai 75 persen. Jadi kami merencakan insyallah nanti akan dibangun transporasi umum yang dapat menjangkau seluruh wilayah,” kata Anies usai dialog kebangsaan di Universitas Malahayati, Kamis (7/12).

Transportasi umum jauh lebih murah dan dapat mengurangi emisi gas rumah kaca yang dapat menyebabkan pemanasan global.

“Kita akan siapkan kereta double track, nanti tiket pertamanya pada 17 Agustus 2025 mendatang. Ini kita lakukan supaya mobilitas antar kota tersambung dengan efisien,” jelasnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post