Seluruh Pekon di Kecamatan Ngambur Terverifikasi ODF


Pesisir Barat - Buah dari kerja sama antar lintas sektor, seluruh pekon di Kecamatan Ngambur telah Deklarasi Pekon Open Defecation Free (ODF) pada Rabu (22/11/2023).

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Pesisir Barat Arfi Yulizar mengatakan terverifikasinya keseluruhan pekon di Kecamatan Ngambur ini ditandai dengan lulusnya Empat pekon terakhir yang sebelumnya belum terverifikasi ODF. Empat pekon itu terdiri dari Pekon Suka Negara, Pekon Mon, Pekon Sumber Agung, dan Pekon Ulok Mukti.

"Maka Empat pekon ini merupakan pekon terakhir yang melaksanakan Deklarasi ODF di Kecamatan Ngambur," kata Arfi.

Sebelumnya, Arfi menjabarkan, Lima Pekon di Kecamatan Ngambur yaitu Pekon Suka Banjar, Pekon Gedung Cahya Kuningan, Pekon Negeri Ratu Ngambur, Pekon Muara Tembulih, dan Pekon Bumi Ratu telah terlebih dahulu mendeklarasikan diri menjadi Pekon ODF. 

"Dengan begitu di tahun 2023 ini Kecamatan Ngambur secara otomatis menjadi kecamatan ODF. Diharapkan hal ini akan tetap menjadi awal pelaksanaan pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang baru dan lebih bersemangat lagi untuk bahu membahu mensukseskan pilar STBM selanjutnya," harap Kabid Kesmas.

Komitmen pekon, lanjut Arfi, dalam menjaga predikat ODF juga dilaksanakan dengan membaca ikrar deklarasi ODF dari Pekon Sukanegara, Pekon Sumber Agung, Pekon Mon, dan Pekon Ulok Mukti serta dilakukan juga penandatanganan pernyataan Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

"Dengan melaksanakan deklarasi ODF artinya kita sudah sejalan dengan tujuan lndonesia sehat seperti jamban sehat dan stop buang air besar sembarangan," cakapnya.

"Harapan kami, jadikan ini sebuah budaya pola hidup bersih dan sehat. Harapan kami juga kepada Kecamatan, Pekon dan Puskesmas yang ada di Kecamatan Ngambur untuk tetap bergotong royong mewujudkan agar bagaimana sebuah pekon, bahkan kecamatan bisa melaksanakan ODF ini," terang Arfi.

Kabid Kesmas juga ingin pada tahun depan Sembilan pekon yang ada di Kecamatan Ngambur, terdapat minimal Satu pekon melakukan deklarasi ketingkat selanjutnya yaitu deklarasi pekon STBM.

Sedangkan Camat Kecamatan Ngambur Novron Yosep berterima kasih atas kerja sama antara Puskesmas, peratin, tokoh masyarakat, dan tokoh agama serta leading sektor lainnya. Karena menurutnya deklarasi ODF ini mungkin akan sulit untuk diwujudkan tanpa kerjasama semua lintas sektor.

"Bersyukur kepada Tuhan yang maha esa sehingga kita bisa melaksanakan acara ini untuk menuju Ngambur sebagai keluarga sehat dan lingkungan sehat. Terima kasih juga kepada Dinas Kesehatan yang terus bekerja keras untuk mewujudkannya," kata Camat. (Andrean/Wawe/AKJII) 

Post a Comment

Previous Post Next Post