Pra Uji Kompetensi Wartawan Digelar, Gubernur Harapkan Peningkatan Kompetensi dan Kemampuan Wartawan



Bandarlampung,- Gubernur Lampung diwakili diwakili oleh Plt Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh, membuka Pra Uji Kompetensi Wartawan Lampung (UKW) 2023 dengan tema “Meneguhkan Semangat Kualitas Wartawan Indonesia Mewujudkan Perusahaan Pers Siber Bermartabat” yang diselenggarakan oleh Jaringan Media Siber (JMSI) Provinsi Lampung, bertempat di Hotel POP Bandar Lampung, Kamis (16/11/2023).

Gubernur Lampung dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Plt Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Achmad Saefulloh, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan momen penting dalam perjalanan profesi wartawan di Lampung.

Gubernur memandang bahwa dengan upaya peningkatan kompetensi wartawan merupakan langkah yang bijak dalam menghadapi perubahan yang dinamis dalam industri media, terutama di era informasi digital saat ini.

Pentingnya Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tidak hanya terletak pada aspek evaluatif semata, tetapi juga menyoroti urgensi keberlanjutan dan peningkatan kualitas para jurnalis.

UKW menjadi jembatan yang menghubungkan antara pengetahuan teoritis yang didapatkan dalam proses belajar dan penerapannya dalam dunia kerja sehari-hari.

“Para jurnalis memiliki peran krusial dalam menyajikan informasi yang akurat, obyektif, dan berimbang kepada masyarakat. Dengan berlangsungnya UKW, para wartawan memiliki kesempatan untuk mengukur sejauh mana pemahaman mereka terhadap etika jurnalistik, pengetahuan hukum, dan keterampilan teknis dalam menangani informasi di era digital yang cepat berubah,” ucap Gubernur.

Lebih dari sekadar evaluasi individu, Gubernur juga memandang UKW menjadi cermin keberlanjutan profesi jurnalistik secara keseluruhan.

“Dengan terus meningkatkan standar kualitas wartawan, kita dapat memastikan bahwa masyarakat menerima informasi yang dapat dipercaya dan memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan dan kemajuan daerah kita,” lanjut Gubernur.

Gubernur mengajak peserta untuk menjadikan uji kompetensi ini sebagai peluang belajar yang berharga.

“Keberhasilan bukan hanya dilihat dari hasil ujian semata, tetapi juga dari bagaimana kita mampu mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan dalam praktik sehari-hari. Selamat mengikuti ujian, dan semoga setiap tahap dapat menjadi langkah positif dalam memperkaya wawasan dan keterampilan wartawan Lampung,” ucap Gubernur.

Diakhir Gubernur mengapresiasi JMSI Lampung yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Inisiatif ini tidak hanya mendukung peningkatan kompetensi wartawan, tetapi juga memberikan kontribusi positif dalam mengangkat citra media di daerah kita,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pengda JMSI Provinsi Lampung Ahmad Novriwan, menyampaikan bahwa kehadiran seluruh peserta ini menjadi motivasi pengda untuk memberikan dukungan kepada komunitas wartawan Indonesia dalam meningkatkan kualitasnya.

“Pra UKW akan menghantar bapak ibu sekalian pada jenjang uji kompetensi yang sesungguhnya pada awal tahun depan. Untuk itu kami berharap dukungan pemprov Lampung, stakeholder akan melancarkan itu semua,” ucapnya.

Dengan dukungan dari berbagai pihak dalam penyelenggaraan Pra uji Kompetensi ini, Ahmad Novriwan berharap akan dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas wartawan di Provinsi Lampung. (*).

Post a Comment

Previous Post Next Post