Kemarau, Warga Sukabumi Mandi di Masjid



Bandar Lampung,  – Kemarau berkepanjangan serta curah hujan yang minim beberapa bulan ini, sebabkan ketersediaan air di sejumlah wilayah Kota Bandar Lampung semakin mengurang, tanpa terkecuali di Gang Rambutan, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Sukabumi.

Ronal, salah seorang warga mengatakan, selama kemarau, debit air di wilayahnya terutama sumur di rumahnya mulai berkurang dan menyusut. Sehingga, akses akses air bersih sulit didapat. Bahkan untuk urusan mandi pun, dirinya terpaksa harus ke masjid terdekat.

“Susah air sekarang, Kalo mau mandi kadang harus ke masjid, ataupun mushola. Air di rumah udah ga ngalir lagi,” keluh Ronal, Selasa (31/10/2023).

Menurutnya, lantaran belum ada informasi akan ada bantuan dari pemerintah, masyarakat setempat terkadang berencana melaksanakan ritual keagamaan seperti salat istighosah atau salat minta hujan. Sebab, cara ini diyakini bisa menurunkan hujan dengan meminta kepada yang Maha Kuasa.

“Namun ada beberapa oknum yang tidak mengiyakan, karna dengan alasan Jarang dilakukan ketika di kota. Jarang di sini, susah juga warga kalo mau diajak atau dibujuk,” ucap Ronal.

Post a Comment

Previous Post Next Post