Proyek Bendungan Gerak Jabung Berdampak Buruk Terhadap Lahan Pertanian Warga Lamtim Demo BBWMS Garuntang


Bandarlampung.-Warga dari 3 Kecamatan, Kecamatan Sekampung Udik, Kecamatan Waway Karya dan Kecamatan Marga Sekampung Lampung Timur (Lamtim) Selasa 10/10/2023 melakukan aksi demo mendatangi Balai Besar Wilayajh Mesuj sekampung (BBWMS) di Garuntang Bandar Lampung.

Tujuan para pendemo ingin menanyakan kepada pihak Balai Besar terkait dengan pelaksanaan Bendungan Gerak Jabung yang berdampak terhadap lahan pertanian, persawahan, kolam ikan dan lain sebagainya, yang selama ini selalu alami gagal panen, kolam ikan mereka juga tidak bisa diisi ikan karena semuanya tergenang air disebabkan dampak dari proyek Bendung Gerak Jabung tersebut.

“Kami gak bisa panen dan juga gak bisa nanam pak, bagaimana mau nanam, mau panen, kalau selalu tergenang banjir,” ujar Ahmad salah satu pendemo.

Menurut Koordinator Demo Ibrahim Restusaka kepada Pikiran Lampung menyampaikan, “Kami selama ini sudah cukup sabar, dari tahun 2020 sampai sekarang kami teraniaya dan merasa diremehkan dan di rugikan, sanggahan dan usulan-usulan kami tidak pernah di gubris oleh pihak Balai Besar. Maka dari itu, saya dan seluruh warga 3 Kecamatan hari ini mendatangi Balai Besar.” ungkapnya.

“Dengan tuntutan sebagai berikut pertama, selesaikan dulu ganti rugi keseluruhan dan jangan separuh-separuh, jika itu tidak bisa di lakukan oleh pihak Balai Besar, tuntutan kami jelas, jangan di operasikan dulu proyek Bendung Gerak Jabung ini, sekali lagi saya sampaikan kata Ibrahim kepada pihak Balai Besar, kami menunggu dan segera laksanakan dan jangan di tunda-tunda, karena itu semua sesuai dengan tuntutan kami dan kami sudah cukup bersabar 3 tahun lama nya, kami warga 3 Kecamatan ini menunggu dan jika pihak Balai Besar tidak mengindahkan tuntutan kami tersebut maka kami akan melakukan Aksi Demo ke Istana Negara Jakarta,” tegas Ibrahim.

Nampak juga hadir di Balai Besar Anggota DPRD Provinsi Komisi II Asep Makmur, Asep mendukung gerakan aksi yang tertib dan santun ini, Asep Makmur adalah Warga asli dari Lamtim, yang juga berharap agar pihak Balai Besar bisa mengambil langkah-langkah yang tegas sesuai dengan yang di harapkan oleh warga dari 3 Kecamatan ini.

Post a Comment

Previous Post Next Post