Ratusan Masyarakat Pesibar Antusias Melakukan Operasi Katarak


Pesisir Barat - Dalam rangka memperingati Hari Penglihatan Sedunia atau World Sight Day (WSD) Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) wilayah Lampung berkerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) dan Bank Central Asia (BCA) menggelar Bakti Sosial (Baksos) operasi katarak pada Minggu (29/10/2023).

Operasi katarak berlangsung selama Dua hari di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) KH. Muhammad Thohir, Kecamatan Krui Selatan, Pesibar.

Ketua Perdami wilayah Lampung, 
dr. Iskandar, Sp.M mengatakan pada hari penglihatan sedunia yang jatuh pada Kamis (12/10/2023) di setiap tahunnya, Perdami wilayah Lampung menggelar bakti sosial operasi katarak kepada 128 warga Pesibar.

Kemudian, lanjut Iskandar, bakti sosial operasi katarak diadakan di Pesibar mengingat belum adanya dokter mata di Kabupaten termuda di Provinsi Lampung ini.

"Selain daerah dengan jumlah angka penderita katarak nya tinggi, sasaran utama kita juga memilih tempat yang belum memiliki dokter spesialis mata," jelas Ketua Perdami wilayah Lampung.

"Seperti yang kita tahu, Pesibar belum memiliki dokter spesialis mata," lanjutnya.

Iskandar berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda) agar ada anggaran khusus untuk melakukan kegiatan bakti sosial seperti ini.

"Misalnya bisa di anggarkan tahun depan dalam rangka ulang tahun Pesisir Barat, dengan melakukan bakti sosial operasi katarak, itu sangat membantu masyarakat," ujar dr. Iskandar, Sp.M.

Selain itu, selaku sponsor kegiatan Perdami, mewakili Bank Central Asia (BCA) pusat, Kepala Cabang Bank BCA Kota Metro, Buyung Husin mengaku pihaknya siap berkerjasama mengingat kegiatan seperti ini merupakan program tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat sekitar.

"Kebetulan kali ini kami melakukan kerjasama dengan Perdami Lampung untuk melakukan operasi katarak di Pesibar," kata Kepala Cabang BCA Kota Metro.

"Kami berharap kegiatan seperti ini kedepan akan berkesinambungan," sambungnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesibar Tedi Zadmiko menjelaskan kegiatan operasi katarak oleh Perdami sangat positif dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kemudian, lanjut Tedi, mengingat Pesibar belum memiliki dokter spesialis mata, ia berharap Perdami dapat merekomendasikan dokter spesialis mata untuk ditempatkan di Pesisir Barat.

"Apa bila ada yang dapat kita pekerjakan,kontrak atau membatu kita khusunya di Pesibar," ucap Tedi Zadmiko.

Sementara untuk bakti sosial lanjut Tedi, kita berharap kedepan akan dapat berkesinambungan.

"Semoga keuangan di Pesibar semakin membaik, dan mudah-mudahan kedepan kita dapat menganggarkan dan melaksanakan bakti sosial secara mandiri," harapnya.(Andrean/Wawe,/Akjii)

Post a Comment

Previous Post Next Post