Raih Predikat Akreditasi Tertinggi, Puskesmas Bangkunat Jadi Satu-satunya Faskes Penyandang Paripurna di Pesibar


Pesisir Barat - Prestasi membanggakan dari sektor kesehatan kembali diraih Kabupaten Pesisir Barat tahun ini, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Bangkunat Belimbing, Kecamatan Bangkunat berhasil mendapatkan Akreditasi Tingkat Paripurna dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). 

Akreditasi ini berlaku selama Lima tahun mulai 24 Agustus 2023 hingga 24 Agustus 2028, sebagaimana sertifikat yang diberikan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Nomor YM.02.01/D/9959/2023 tentang pemberitahuan hasil akreditasi yang menetapkan Puskesmas Bangkunat Belimbing Kabupaten Pesisir Barat yang telah memenuhi standar akreditasi dan dinyatakan LULUS PARIPURNA.

Akreditasi Paripurna ini berhasil didapatkan Puskesmas Bangkunat Belimbing berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer (Lafkespri) 22-24 Agustus 2023 lalu. UPTD Puskesmas Bangkunat Belimbing menjadi Puskesmas pertama dari 11 Puskesmas yang ada di Kabupaten Pesisir Barat yang berhasil meraih akreditasi paripurna oleh Kemenkes RI.

Hal tersebut disampaikan Kepala Puskesmas Bengkunat Belimbing Septono kepada Tim DPC AKJII (Aliansi Kajian Jurnalis Independen Indonesia), Rabu (20/09/2023).

"Kami menerima surat dari Komisi Akreditasi tentang penetapan Puskesmas Bangkunat Belimbing sebagai status Akreditasi Paripurna," terang Septono.

Septono juga mengungkapkan, peran Dinas Kesehatan Pesisir Barat yang sangat besar dalam capaian prestasi tersebut.
 
"Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Kepala Dinas Kesehatan Pesisir Barat beserta seluruh jajarannya yang telah mendukung penuh Puskesmas Bangkunat Belimbing baik moril maupun materil hingga kami bisa mendapatkan predikat Akreditasi Paripurna ini," tutur Septono.

"Saya selaku Kapus Bangkunat Belimbing juga sangat mengapresiasi kepada seluruh staf dan tenaga kesehatan UPTD Puskesmas Bangkunat Belimbing atas motivasi kinerja dan soliditas selama proses akreditasi yang telah berkorban tenaga dan pikiran yang diberikan. Dengan pencapaian Paripurna ini, semoga menjadi motivasi untuk mempertahankan mutu pelayanan kesehatan. Sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat," lanjutnya.

Septono juga mengatakan Puskesmas Bangkunat Belimbing akan terus mempertahankan predikat ini, berkomitmen untuk tetap menjaga dan tetap melaksanakan SOP dan standar kinerja yang telah dibuat pada saat akreditasi untuk meningkatkan mutu pelayanan.

Terkait Akreditasi Paripurna yang telah diterima UPTD Puskesmas Bangkunat Belimbing, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Barat Tedi Zadmiko menyambut baik dan mengapresiasi terhadap raihan yang telah dicapai oleh Puskesmas Bangkunat Belimbing yaitu Akreditasi Paripurna dari Kemenkes RI dalam bidang pelayanan kesehatan primer.

Menurut Kadiskes Pesibar itu, hasil yang diraih oleh Puskesmas Bangkunat Belimbing ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Kesehatan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat Pesisir Barat.

"Upaya terus kita lakukan dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang bermutu kepada masyarakat Pesisir Barat melalui RSUD dan 11 Puskesmas yang ada di kabupaten ini dengan melengkapi berbagai sarana dan prasarana dalam menunjang pelayanan kesehatan," ujar Tedi.

Tedi juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Dinkes dan Puskesmas Bengkunat Belimbing atas prestasi yang membanggakan ini, dengan raihan Akreditasi Paripurna ini diminta kepada seluruh petugas Puskesmas Bangkunat Belimbing agar selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Tolong layani masyarakat dengan sebaik-baiknya, layani masyarakat dengan sepenuh hati dan jangan sampai ada masyarakat yang tidak terlayani. Capaian ini merupakan tingkatan tertinggi akreditasi Puskesmas, namun saya berharap Paripurna yang didapat bukanlah akhir sebuah pencapaian, tetapi awal dari tanggung jawab kita semua sebagai pelayan masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Pesisir Barat," kata Tedi.

"Kami bersyukur dan bangga atas hasil ini, dan berharap teman-teman Dinas Kesehatan, RSUD dan Puskesmas lainnya untuk bisa termotivasi sehingga Puskesmas lain yang ada di Pesisir Barat bisa mencapai Paripurna juga dengan pelayanan yang maksimal," pungkasnya. (Andrean/Wawe/Kienoy/AKJII).

Post a Comment

Previous Post Next Post