Puskesmas Lemong Tingkatkan Peran Serta Lintas Sektor Untuk Tangani Masalah Kesehatan Masyarakat


Pesisir Barat - Dalam rangka memperkuat dukungan stakeholder terhadap bidang kesehatan di Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat, UPTD Puskesmas Lemong melaksanakan Lokakarya Mini Lintas Sektor (Linsek) Triwulan III Tahun 2023, Kamis (07/09/2023).

Rapat koordinasi lintas sektoral yang dipimpin oleh Plt. Camat Lemong Hermansyah, dihadiri oleh Kadiskes Pesibar yang diwakili Kabid P2P Lisma Yunita dan Tim Pembina Cluster Binaan (TPCB), peserta dari KUA, Polsek, Ketua PKK Kecamatan Lemong dan Pekon, Peratin se Kecamatan Lemong, Ketua Kader Posyandu se Kecamatan Lemong dan seluruh bidan pekon dari 13 pekon yang ada di Kecamatan Lemong.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Puskesmas Lemong Katia Yusnita, S.ST mengatakan, latar belakang kegiatan Lokakarya Mini Lintas Sektor tersebut adalah salah satu ruang untuk menggalang kerja sama dan komitmen lintas sektor. 

"Guna mewujudkan misi Puskesmas Lemong dengan merangkul pemangku kebijakan dan kepentingan ditingkat kecamatan," kata Kepala Puskesmas.

Keberhasilan pembangunan kesehatan, sambung Katia, memerlukan keterpaduan Lintas Program maupun Lintas Sektor, oleh karenanya Puskesmas harus melakukan kerjasama dengan Lintas Sektor dalam berbagai pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat, supaya program-program kesehatan di semua lini dapat berjalan maksimal.

Maka kata dia, melibatkan Camat sebagai Pemerintah Kecamatan, Kapolsek, Danramil, Peratin sebagai representasi masyarakat pekon, tokoh masyarakat, tokoh agama dan Puskesmas Lemong.

"Sebagai instansi kesehatan untuk sama-sama bersinergi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kecamatan Lemong, yang di bahas kali ini adalah tentang permasalahan masih adanya pekon yang belum ODF/Bebas Buang air Besar sembarangan, masih ada balita yang status gizinya kurang dan kunjungan ibu hamil yang masih rendah di Kecamatan Lemong," ucap Katia.

Katia juga menjelaskan bahwa, masih ada 8 pekon yg belum ODF dari 13 pekon yang ada di kecamatan Lemong. Di tahun 2023 ini, Puskesmas Lemong mentargetkan 13 pekon tersebut ODF semua. 

"Di kesempatan ini, semua lintas sektor yang hadir berkomitmen untuk mendukung rencana dari tindak lanjut rapat koordinasi lintas sektor di Puskesmas ini," ungkap Katia. (Andrean/Wawe/Kienoy)

Post a Comment

Previous Post Next Post