Polda Lampung OTT Pengoplos BBM Subsidi Amankan 8 Ton BBM Satu Petugas SPBU 24.354.124 Sidomulyo Diangkut



Bandar Lampung -Tim Subdit 4 Tipidter Ditreskrimsus Polda Lampung melakukan operasi tangkap tangan (OTT) lokasi pengoplosan Bahan Bakar Minyak (BBM) Subsidi Pertalite yang dirubah menjadi Pertamax ilegal, di dua gudang, di Dusun Umbul Keong, Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Kamis 24 Agustus 2023 siang sekitar pukul 13.00.

Dari lokasi gudang Tim Subdit 4 Tipidter Ditreskrimsus Polda Lampung menangkap seorang pria berinisil WD (42), dan JP, pegawai/petugas Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) 24.354.124 Desa Sidomulyo. JP ikut diangkut bersama oknum pengoplos BBM WD menggunakan kendaraan Toyota Fortuner berwarna black doff. JP terlihat masih mengenakan celana merah seragam SPBU. Sementara, baju yang ia kenakan hanya berupa kaos oblong warna hitam. Terlihat baju seragam SPBU digulung dan digenggam di tangannya.

Informasi dilokasi penggebekan menyebutkan, Tim dipimpin Kanit 2 AKP Setio Budi Howo bersama Panit 1 dan Panit 2 Subdit 4 Tipidter Ditreskrimsus Polda Lampung datang di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo, mengendarai 2 unit kendaraan Toyota Rush dan Toyota Fortuner.

Tim langsung mendatangi gudang pertama, lalu terlihat sebuah mobil pickup Daihatsu Grandmax Nopol BE-9755-CX dan 1 sepeda motor Honda Mega Pro dikawal pergi dari lokasi menuju lokasi gudang kedua. Petugas kemudian melakukan penggeledahan dan menembukan barang bukti bbm oplosan.


Barang bukti BBM oplosan itu kemudian diangkut menggunakan 1 unit truk untuk dibawa ke Polda Lampung. Total sementara dari lokasi itu petugas mengamankan 220 jerigen ukuran 35 kg, dan 8 BBM oplosan. “Mohon maaf kami belum bisa memberi keterangan. Nanti biar di publikasikan melalui rilis di Polda Lampung,’ kata Setio Budi Howo dilokasi penangkapan.

“Ya sementara ada barang bukti diamankan yakni sekitar 8 ton BBM oplosan. Nanti di Polda saja, kami sedang melakukan penyelidikan, maaf yang rekan-rekan. Bias hubungi pimpinan kami Pak Direskrimsus Polda Lampung Kombes Pol Donny Arif Praptomo,” kata Setio Budi Howo lalu membawa pelaku dan barang bukti.

Informasi warga sekitar lokasi gudang menyebutkan benar ada seorang pria berinisial WD yang diamankan polisi itu diduga yang bertugas sebagai pengoplos BBM. Modusnya, BBM jenis Pertalite dicampur serbuk zat kimia lalu dijual menjadi Pertamax. Lalu ada juga pegawai SPBU Sidomulyo yang dibawa. “SPBU yang kemarin geger ada penembakan wartawan ituloh mas kemarin. Warga disini sudah tidak kaget. Tapi ga brani protes,” kata warga dilokasi.



Dirkrimsus Polda Lampung, Kombes Pol Donny Arif Praptomo membenarkan adanya penangkapan pengoplos BBM di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan (Lamsel), Kamis 24 Agustus 2023. Namun, pihaknya belum bisa menjelaskan detail kasusnya karena masih dalam pemeriksaan.

“Ya benar ada kegiatan anggota di Sidomulyo. Aanggota sedang melakukan pemeriksaan, nanti pasti kita umumkan,” kata Donny Arif.

Post a Comment

Previous Post Next Post