Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-51, Riana Sari Arinal Sampaikan Penghargaan Kepada Perempuan Berjasa dan Kader PKK Inspiratif



Bandar Lampung --- Gubernur Arinal Djunaidi bersama Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal hadir pada Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 dan Hari Kartini Tahun 2023, di Mahan Agung, Selasa (30/05/2023).

Ketua TP PKK Tri Tito Karnavian dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Ketua TP PKK Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal menyampaikan harapan agar Keluarga Besar Gerakan PKK tetap berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian selaku relawan, yang senantiasa bersikap rendah hati, namun tidak rendah diri.

"Karena rendah hati adalah landasan yang kokoh dari semua kebajikan. Oleh karena itu, gelorakanlah terus semangat kebersamaan untuk Bergerak Bersama bagi kebajikan seluruh umat dan seluruh keluarga serta lingkungan kita," kata Ketua TP PKK Provinsi Lampung.

Melalui tema Hari Kesatuan Gerak PKK Tahun 2023 yakni “Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh”, Tri Tito Karnavian mengajak seluruh jajaran Tim Penggerak PKK untuk memberikan bimbingan, pembinaan, dan fasilitasi yang berkelanjutan kepada kader-kader PKK termasuk Kader Dasawisma.

"Karena kepada merekalah sesungguhnya terletak fungsi kinerja dan program-program PKK, agar tetap selaras dengan program-program pemerintah," kata Tri Tito Karnavian.

Sesuai dengan Tema sentral Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-51 yang difokuskan pada aspek Bergerak Bersama, Ketua TP PKK, Tri Tito Karnavian menyampaikan satu hal pokok kepada segenap jajaran Tim Penggerak PKK, para Kader PKK, dan Kader Dasawisma.

"Bergeraklah Bersama dengan bakti dan karya nyata, serta bekerja tanpa pamrih, untuk wujudkan kesejahteraan masyarakat dan Indonesia maju," tutup Ketua TP PKK.

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan hari ini sebagai rangkaian dari peringatan di tingkat nasional yang dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara pada tanggal 17 Mei yang lalu.

Riana Sari menjelaskan, sebagai salah satu rangkaian peringatannya adalah dengan pelaksanaan Gerakan SIGER (Saatnya Ikut berGerak untuk Rakyat yang membutuhkan) yang dilaksanakan secara serentak oleh TP PKK Provinsi, Kabupaten/Kota sampai dengan TP PKK Desa/Kelurahan, seluruh Organisasi Wanita dan seluruh Dharma Wanita OPD Provinsi Lampung pada tanggal 10 Maret 2023 yang lalu. Sekaligus juga disinergikan dengan rangkaian HUT Provinsi Lampung ke-59 Tahun 2023.

Riana Sari berharap, peringatan ini menjadi motivasi bagi seluruh "Kartini" di Provinsi Lampung untuk terus belajar meningkatkan kapasitas diri, tidak hanya melalui jalur pendidikan formal tetapi juga belajar dari pengalaman dan kejadian di sekitar.

"Terus semangat untuk berbuat yang terbaik dan bermanfaat bagi kita secara pribadi, keluarga, masyarakat maupun bangsa dan negara. Mulai dari kita pribadi, mulai dari hal-hal kecil untuk perubahan dan kebaikan yang lebih besar untuk mewujudkan Rakyat Lampung Berjaya," pungkas Riana Sari Arinal.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan peluncuran buku “Tapis, Wastra dan Gaya Kekinian” karya Riana Sari Arinal yang penerbitannya bekerjasama dengan Lampung Post. Buku ini bercerita tentang perkembangan wastra khas Lampung yaitu “tapis” dari masa-masa. Riana Sari berharap buku ini dapat menjadi sumbangsih bagi perkembangan literasi dan budaya Lampung.

Selain itu, Gubernur Arinal Djunaidi mendampingi Ketua TP PKK Provinsi Lampung melakukan penyerahan penghargaan kepada 15 orang Perempuan Berjasa dan Berprestasi dari Kemendagri bersama OASE KIM serta pemberian penghargaan kepada 15 orang Kader PKK Inspiratif dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung. Berikut daftar nama penerima penghargaan.

Daftar Penerima Penghargaan Bagi Perempuan Berjasa dan Berprestasi

1. Lampung Selatan - Kesehatan - Khodah
2. Lampung Tengah - Sosial Budaya - Siti Umayah
3. Lampung Utara - Lingkungan Hidup - Titik Widiyati
4. Lampung Barat - Pertanian - Iwi Juwita
5. Tulang Bawang - Pendidikan - Sri Haryani
6. Tanggamus - Kesehatan - Supilah
7. Lampung Timur - Sosial Budaya - Eli Astuti Dewi
8. Way Kanan - Lingkungan Hidup - Mistinem
9. Pesawaran - Pertanian - Desmila Susanti
10. Pringsewu - Pendidikan - Nuriah
11. Mesuji - Kesehatan - Nur Lelah
12. Tulang Bawang Barat - Sosial Budaya - Nana Kurrotul Aini
13. Pesisir Barat - Lingkungan Hidup - Masdalena
14. Bandar Lampung - Pertanian - Noni Hariyanti
15. Metro - Pendidikan - Tri Nurul Fajarotun

Daftar Penerima Penghargaan Kader Inspiratif PKK Tahun 2023

1. Lampung Timur Reny Anggraeny, S.Pd
2. Way Kanan Siti Imrohati
3. Tulang Bawang Hj. Nurhuda Hayati, SE
4. Mesuji Sukinem
5. Lampung Selatan Neneng Edy Firnandi
6. Tanggamus Darlik, S.Pd
7. Lampung Utara Zuhrifa
8. Lampung Tengah Murdiningsih
9. Lampung Barat Tri Susilawati
10. Pesawaran Arkhamah, S.Pd
11. Tulang Bawang Barat Indrawati Syahrie
12. Pesisir Barat Susi Herani
13. Pringsewu Tati Zarsmi
14. Metro Sudarsih
15. Bandar Lampung Khalida
(Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Post a Comment

Previous Post Next Post