Lampung Selatan Terbaik II Dalam Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Provinsi Lampung


DISKOMINFO LAMSEL, Bandar Lampung – Kabupaten Lampung Selatan kembali meraih penghargaan dalam penanganan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting di Provinsi Lampung tahun 2023.

Kabupaten Lampung Selatan berhasil meraih terbaik ke-II atas kinerja kabupaten/kota dalam pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting. Selain itu juga berhasil meraih sebagai Kabupaten Kategori Utama dalam Sinergitas Intervensi Gerakan Penurunan Stunting (Siger Stunting).

Penghargaan diterima Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dalam acara Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Stunting Provinsi Lampung di Ballroom Swiss-Belhotel, Bandar Lampung, Kamis (11/5/2023).

Sebelumnya, Hj. Winarni Nanang Ermanto telah memaparkan Kinerja 8 Aksi Konvergensi Stunting yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan selama tahun 2022.

Dimana kata Winarni, Pemkab Lampung Selatan bersama pemerintah desa, pelaku usaha, serta masyarakat berlandaskan semangat dan strategi Gerakan Swasembada Gizi telah menciptakan berbagai inovasi dalam rangka upaya percepatan penurunan stunting.

“Swasembada Gizi yang terdiri atas 5 layanan telah diimplementasikan sampai tingkat desa dalam bentuk penciptaan dan pelaksanaan inovasi upaya percepatan penurunan stunting,” kata Winarni dalam paparanya

Winarni juga menyampaikan, pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting pada tiap Kabupaten kota memiliki tujuan yang sama yakni menekan angka stunting di Provinsi Lampung agar mencapai target nasional dibawah 14%.

“Kabupaten/kota semua kita disini saling mendukung dan belajar. Tiap kelebihan maupun inovasi kabupaten/kota dapat saling menerapkan di daerah masing-masing. Sesuai tujuan kita bersama agar angka stunting di Provinsi Lampung turun sesuai target,” ujar Winarni.

Dikesempatan itu, Kepala Bappeda Provinsi Lampung Mulyadi Irsan dalam sambutannya mengatakan, tujuan penilaian itu adalah untuk mengukur dan mengevaluasi serta mengapresiasi kinerja pemerintah kabupaten/kota dalam pelaksanaan aksi konvergensi penurunan stunting.

“Pemerintah Provinsi Lampung melaksanakan Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Penurunan Stunting Provinsi Lampung Tahun 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung,” ujarnya.

Mulyadi Irsan juga menyampaikan, dengan adanya kegiatan penilaian tersebut, dirinya berharap pemerintah kabupaten/kota akan semakin semangat untuk bekerjasama dalam menekankan angka stunting di Indonesia khususnya di Provinsi Lampung.

“Kita bersama mengentaskan stunting. Hingga stunting di Lampung menjadi zero stunting,” kata Mulyadi Irsan. (nsy/hy)

Post a Comment

Previous Post Next Post