HUT Ke-10 Pesibar, DPRD Gelar Rapat Paripurna Istimewa

 


Pesisir Barat - Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., didampingi Wakil Bupati Pesisir Barat, A. Zulqoini Syarif, S.H. menghadiri Rapat Paripurna Dewan Pimpinan Daerah (DPRD) dalam rangka memperingati "Hari Ulang Tahun Kabupaten Pesisir Barat Ke-10 Tahun 2023" bertempat di ruang rapat lantai 3 gedung DPRD Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam sambutan Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal yang disampaikan oleh Wakil Bupati Pesisir Barat, A. Zulqoini Syarif mengatakan rapat paripurna istimewa hari ini merupakan salah satu rangkaian dari perayaan hari ulang tahun Kabupaten Pesisir Barat ke-10 yang jatuh pada tanggal 22 april 2023 dengan tema "Pulih Dan Bangkit Untuk Mewujudkan Kabupaten Pesisir Barat Yang Amanah, Maju Dah Sejahtera".

Wakil Bupati Pesisir Barat menambahkan bahwa pengambilan tema kali ini merupakan bentuk dari wujud nyata sinergitas dan sinkronasi antara Forkompimda Lambar-Pesbar dalam pelaksanaan birokrasi selama setahun ini.

"Tema ulang tahun ini kita ambil sebagai bentuk sinergitas dan sinkronisasi daerah dalam upaya mendukung pencapaian dari target- target pembangunan Nasional," kata Wakil Bupati saat menyampaikan sambutan.

Disela-sela pidatonya Wakil Bupati Zulqoini menyampaikan capaian dari indikator kinerja utama kepala daerah pada capaian tahun pertama RPJMD tahun 2021-2026, antara lain indeks pembangunan manusia mencapai target dengan nilai 65,14, tingkat pengangguran terbuka tercatat sebesar 3,73 persen, indeks pembangunan gender mencapai nilai 93,54. 

Kemudian, tingkat kemantapan jalan daerah capaiannya masih tertahan pada realisasi 39,53 persen, persentase penduduk yang memiliki akses terhadap sumber daya air yang sehat dan aman masih berada pada angka 18,06 persen.

Selain itu, lanjutnya, rasio jaringan irigasi telah mencapai target dengan realisasi 56,10 persen, indeks kualitas lingkungan hidup tercatat dengan nilai 71,06. 

Sedangkan indeks resiko bencana berada pada capaian 189,70, pertumbuhan ekonomi meningkat dengan capaian 2,88 persen, PDRB perkapita berhasil mencapai target dengan capaian 32,46 juta rupiah, serta nilai tukar petani tercatat dengan nilai realisasi 104,34 atau telah mencapai target.

Begitu juga dengan indeks Gini telah mencapai target dengan nilai 0,29, tingkat kemiskinan daerah mampu mencapai target dengan capaian 13,84 persen, pertumbuhan wisatawan nusantara dan mancanegara mencapai target sebesar 23,28 persen, indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik mencapai realisasi 79.95, nilai sakip mencapai target dengan predikat CC, opini BPK untuk penilaian LKPD seperti pada tahun anggaran 2022 belum dirilis, dan indeks desa membangun tercatat 0,6636.

Realisasi terhadap 18 indikator kinerja tersebut secara rata-rata telah mencapai persentase capaian 79.36 persen.

Selanjutnya, terdapat 64 peraturan Bupati, serta terdapat 16 peraturan yang secara langsung bertujuan untuk menyelesaikan permasalah masyarakat dan daerah yang bernilai strategis.

Secara garis besar, dari 19 kebijakan strategis tersebut diarahkan untuk :

1. Meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan yang berkualitas;
2. Meningkatkan kesetaraan gender dan anak;
3. Meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas;
4. Meningkatkan pembangunan ekonomi daerah dengan fokus pada potensi lokal.

"Dengan segenap tenaga dan upaya serta dukungan dari DPRD Kabupaten Pesisir Barat kami yakin kita bersama-sama dapat merealisasikan target serta sasaran dari pembangunan daerah untuk tahun- tahun mendatang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat", ungkap Wakil Bupati

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Pesisir Barat mengucapkan secara pribadi dan juga mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Barat mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-10 untuk Kabupaten Pesisir Barat.

"Selamat Ulang Tahun Ke-10 untuk Kabupaten Pesisir Barat yang kita cintai, semoga kita bersama-sama mampu mewujudkan Indonesia pulih dan bangkit untuk wujudkan Kabupaten Pesisir Barat yang amanah, maju dan sejahtera," tutup Wakil Bupati. (Andrean/Wawe)

Post a Comment

Previous Post Next Post