Demokrat: Saran Amies Rais Soal Cawapres Anies Tak Sesuai Kriteria Koalisi Perubahan


Ketua Majelis Syuro Partai Ummat, Amien Rais memberi saran ke Anies Baswedan untuk menunjuk cawapres dari tokoh Indonesia Timur. Partai Demokrat menilai usulan itu tak sesuai kriteria.


Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan ada lima kriteria untuk cawapres Anies. Lima kriteria itu harus dipenuhi karena hasil pembahasan Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang beranggotakan PD, PKS, dan NasDem.

"5 rukun ini yang mesti dipedomani untuk menjawab kebutuhan politik pemenangan serta mewujudkan agenda perubahan dan perbaikan ke depan," kata Kamhar dalam keterangannya, Sabtu, 29 April 2023.

Menurut Kamhar, yang disampaikan oleh Amien Rais tak masuk kriteria. Bagi Kamhar, bakal cawapres Anies bukan soal perwakilan dari wilayah Indonesia.

"Aspirasi yang disampaikan Pak Amin Rais tak masuk dalam 5 rukun ini, artinya tak menjadi preferensi utama. Jadi variabel pentingnya bukan mesti berasal dari Indonesia Timur atau Indonesia Barat, namun yang bisa menjawab kebutuhan sesuai dengan 5 rukun yang telah disepakati," katanya.

5 kriteria yang dimaksud oleh Kamhar yaitu:Berkontribusi dalam pemenangan, diwujudkan dengan tingkat elektabilitas yang tinggi dan tingkat kerentanan politik yang rendah
Berkontribusi dalam memperkuat dan menjaga stabilitas koalisi
Berkontribusi dalam pengelolaan pemerintahan yang efektif
Memiliki visi yang sama dengan calon presiden
Berkomitmen membangun kebersamaan sebagai dwi-tunggal

Contoh yang disampaikan oleh Amien soal duet Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Jusuf Kalla (JK) dinilai lemah dan tak relevan. Karena pada pemilu selanjutnya, calon dari Indonesia Timur tak memenangi pemilu.

"Contoh yang disampaikan lemah dan tak relevan. Pasangan SBY-Boediono yang sama-sama berasal dari Jatim, dan Pasangan Jokowi - Ma'ruf bisa memenangkan kontestasi Pilpres," katanya. ***

Post a Comment

Previous Post Next Post