Bupati Pesibar Buka Penyaluran Bantuan Sosial Tunai DID Yang Ditujukan Kepada 2000 KPM

 


Pesisir Barat - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat melalui Dinas Sosial bekerjasama dengan Kantor Pos setempat mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Dana Insentif Daerah (DID) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah setempat.

Mulai disalurkannya DID dari Pemerintah Pusat tersebut ditandai dengan penyerahan bantuan secara simbolis kepada KPM oleh Bupati Kabupaten Pesisir Barat Dr.Drs.H. Agus Istiqlal S.H, M.H, diikuti penyerahan bantuan oleh jajaran pemerintahan setempat bertempat di Gedung Serbaguna (GSG) Selalaw Krui, Rabu (24/05/2023).

Kepala Dinas Sosial Agus Triadi S.I.P, M.M, mengatakan program tersebut akan direalisasikan kepada 2000 KPM di 11 kecamatan yang ada di wilayah setempat dengan besaran sebanyak Rp.500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) per KPM yang akan disalurkan melalui Kantor Pos Krui dan Kantor Pos Ngambur. 

Sedangkan untuk pendistribusian bantuan kepada masyarakat akan dilakukan mulai Rabu 24 Mei hingga satu minggu kedepan, masyarakat diminta untuk sabar menunggu sampai adanya pemberitahuan dari pihak Pos sebagai penyalur, karena realisasi penyaluran BST dilakukan secara bergilir.

Dijelaskannya program tersebut merupakan salah satu strategi pemerintah dalam membantu pemenuhan kebutuhan masyarakat sekaligus menekan inflasi di daerah, Kabupaten Pesisir Barat sendiri mendapatkan DID dalam sektor sosial sebesar 1 Miliar Rupiah yang disalurkan langsung kepada KPM yang dipilih melalui data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE).

"Jadi untuk penyaluran bantuan ini benar-benar kita pilih untuk masyarakat yang layak, sehingga bisa membantu menopang kebutuhan hidup, sekaligus mengurangi beban dan dapat dipakai untuk hal bermanfaat lainnya," kata Kadisos seusai menyerahkan bantuan.

Agus Triadi melanjutkan bahwa dampak dari kenaikan harga secara global dapat memberikan tekanan dan pengaruh secara signifikan terhadap daya beli masyarakat prasejahtera. Oleh karena itu Pemerintah mengambil suatu tindakan preventif untuk melindungi dan meringankan beban bagi masyarakat Prasejahtera dengan memberikan bantuan sosial tunai.

"Diharapkan dengan adanya bantuan ini dapat membantu menjaga kondisi ekonomi yang dimiliki oleh keluarga prasejahtera, serta membantu stabilitas kondisi sosial masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat," tandas Agus.

Agus juga berharap kepada pemerintah pusat agar lebih intens mengucurkan dana bantuan kepada masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat untuk mempercepat pengentasan kemiskinan di wilayah setempat, sehingga permasalahan-permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat khususnya dari segi ekonomi bisa teratasi, serta mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat. (Andrean/ Wawe)

Post a Comment

Previous Post Next Post