Arus Balik di Terminal Rajabasa Diprediksi Mulai H+2 Lebaran




Balam – Pergerakan penumpang arus balik di Terminal Rajabasa, Kota Bandar Lampung, diprediksi mulai H+2 Lebaran 2023.


“Arus balik di Terminal Rajabasa diprediksi mulai terjadi pada H+2 Lebaran 2023. Kemarin, masih didominasi arus mudik,” ujar Koordinator Posko Terpadu Terminal Tipe A Rajabasa, Andi Candra, Minggu (23/4/2023) sore.

Andi menyampaikan arus mudik Lebaran 2023 di Terminal Rajabasa didominasi angkutan umum bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) yang dari DKI Jakarta.

“Tapi, untuk hari ini belum ada lonjakan penumpang angkutan umum karena hasil pantauan di Pelabuhan Bakauheni, kendaraan didominasi mobil pribadi,” kata dia.

Terminal induk di Provinsi Lampung ini, lanjut Andi, akan kedatangan bus AKAP yang mengangkut penumpang arus balik Lebaran 2023 pada 24-26 April.

Sebelumnya, bus ini mengangkut penumpang mudik gratis dari Kementerian Perhubungan, Pemda DKI Jakarta, dan Perusahaan Otobus Liberty menuju Lampung dan Sumatera Selatan.

“Mereka sudah memesan tiket untuk PP (Pulang Pergi). Sementara bus reguler arus balik Lebaran juga diperkirakan pada H+2,” kata Andi.

Dia mengatakan arus balik di Terminal Rajabasa akan mengalami perubahan pola pergerakan, tidak seperti pada saat arus mudik.

“Beberapa pemudik akan membawa anggota keluarga dari kampung untuk mencari pekerjaan di Pulau Jawa,” ujar dia.

Sementara, lanjut Andi, tiket PP untuk arus mudik dan arus balik telah dipesan dari jauh hari sebelumnya.

“Sehingga, ada kemungkinan jumlah pemudik di Terminal Rajabasa pada saat arus balik Lebaran akan berkurang karena mereka menggunakan kendaraan travel bersama anggota keluarga yang dibawa,” kata dia.
Penumpang arus balik Lebaran 2023 di Terminal Tipe A Rajabasa diprediksi bakal ramai mulai H+2. Sejauh ini, arus mudik berjalan lancar, aman, dan tertib.

“Alhamdulillah, untuk arus mudik berjalan lancar karena kami melihat pemerintah sudah membuka dua jalur penyeberangan kapal, di Pelabuhan Panjang dan Bakauheni,” ujar Andi.

Pemerintah membuka jalur penyeberangan dari Pelabuhan Ciwandan, Banten, menuju Pelabuhan Panjang, Kota Bandar Lampung, khusus pemudik kendaraan roda dua.

“Sehingga, bisa mengurai kemacetan kendaraan di jalur mudik. Mudah-mudahan ini berjalan lancar untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2023,” kata Andi.

Arus balik di Terminal Rajabasa diprediksi mulai H+2 Lebaran 2023.

Posko Terpadu Terminal Tipe A Rajabasa Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 H mencatat jumlah penumpang arus mudik di Terminal Rajabasa naik pada Lebaran 2023 dibandingkan tahun sebelumnya.

Total jumlah penumpang sepekan menjelang Idulfitri 22 April 2023 sebanyak 17.477 orang.

Sementara, pada Lebaran 2022 penumpang arus mudik di Terminal Rajabasa tercatat sebanyak 16.067 orang untuk periode yang sama.

Pada Hari Raya Idulfitri 1444 H, Sabtu (22/4/2023), pukul 00.00-23.59 WIB, arus mudik masih memasuki Terminal Rajabasa.

Terminal terbesar di Provinsi Lampung ini masih memberangkatkan 19 penumpang bus AKAP. Tidak ada kedatangan penumpang bus AKAP pada Hari H.

Untuk bus AKDP, Terminal Rajabasa kedatangan 342 penumpang, dan memberangkatkan 392 penumpang.

Post a Comment

Previous Post Next Post