Pungutan 400Ribu Tiap PPS, Diduga Untuk Sekretariat PPK Padang Cermin, Sangat Merisaukan

Pesawaran - Anggota Panitia Pemungutan Suara ( PPS ) Kecamatan Padang Cermin Kabupaten Pesawaran mengeluhkan adanya fakta penandatangan surat keterangan bantuan Pembiayaan sebesar Rp.400.000 per PPS perbulan selama menjadi anggota PPS, guna untuk pembiayaan pembuatan SPJ-PPS,untuk pembiayaan kebersihan dan perawatan sekretariat PPK serta untuk pembiayaan keperluan sehari-hari sekretariat PPK.



Seperti yang di ungkapkan nara sumber kepada awak media, "seluruh PPS di kumpulkan di Sekretariat PPK Padang Cermin kemudian di suruh mengisi surat pernyataan dan kemudian di suruh menandatangani surat keterangan bantuan pembiayaan, seolah-olah sudah di setuju anggota PPS dan sekretaris PPS, terkesan terkoordinasi dengan PPS,

tapi kenyataannya anggota PPS mengeluh," kata nara sumber yang minta namanya untuk tidak di sebutkan, Jum'at 09 Maret 2023.

"PPK itukan sudah ada operasional tersendiri,kenapa harus memotong dari PPS," pungkasnya

Di ketahui,bunyi surat keterangan bantuan pembiayaan tersebut sebagai berikut :

SURAT KETERANGAN BANTUAN


Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama :

Jabatan :

Nomor :




Bertindak selaku mewakili atas nama :

Anggota : Anggota Panitia(PPS)

Desa :




Dengan ini menyatakan bahwa:

1.Memberikan dana untuk pembuatan SPJ pemungutan suara PPS /perbulan sebesar Rp.200.000-selama masa kerja PPS.

2.Membantu pembiayaan kebersihan dan perawatan sekretariat PPK Kecamatan Padang cermin sebesar Rp.100.000/ bulan dalam kurun waktu masa kerja.

3.Membantu pembiayaan keperluan sehari-hari sekretariat PPK Kecamatan Padang cermin seperti, kebutuhan konsumsi : (Gula,Kopi,teh dan sebagainya)

Sebesar Rp.100.000,-/ perbulan selama masa kerja PPS.

4.Seluruh jajaran panitia Pemungutan suara desa...bersedia memberikan, membantu pembiayaan diatas.

Pada tanggal 16-3-2023 awak media tipikor temui camat dirumah dinas atas perihal surat keterangan bantuan bembiyayaan di PPK dan PPS. Camat mengatakan bahwa surat tersebut belum tertera jumlah uang dan belum di berbentuk uang, dan surat trsebut sudah menyalahi aturan serta bisa fatal.

Awak media yang ada di padang cermin berharap semua pekerja di PPK agar berhati-hati dan sesuai aturan. ( Tim )

Post a Comment

Previous Post Next Post