Peserta JKN KIS Capai 460 Ribuan Jiwa, Pemkab Pesawaran Raih Penghargaan UHC Kemenkes


JAKARTA  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran, meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Pemkab Pesawaran meraih penghargaan tersebut, karena dinilai sukses dalam program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN KIS) di atas 95%.

Penghargaan diterima langsung Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, dan diserahkan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi G. Sadikin, disaksikan oleh Wakil Presiden RI Maruf Amin.

Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona mengatakan, penghargaan tersebut sebagai wujud nyata komitmen pemerintah daerah, dalam mendukung program JKN KIS bagi masyarakat Indonesia. Pemkab Pesawaran dianggap sukses dalam penyelenggaraan program JKN KIS.

"UHC Award ini, didasari tercapainya cakupan kepesertaan JKN KIS di atas 95%, dari total jumlah penduduk dan telah disepakati dalam perjanjian kerjasama antara Dinas Kesehatan Pesawaran dengan BPJS Kesehatan Cabang Bandar Lampung," kata Dendi Ramadhona.

Menurut Dendi, penghargaan tersebut bentuk bukti nyata dari komitmen Pemkab Pesawaran, untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Pesawaran.

Selain itu, penghargaan tersebut didapat selama pelaksanaan program pemerintah pusat, dalam menyelenggarakan JKN KIS dalam mengcover kesehatan masyarakatnya, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) RI Nomor 18 tahun 2020 tentang rancangan pembangunan jangka menengah nasional tahun 2020-2024.

Dalam Perpres tersebut, pemerintah telah mentargetkan cakupan kepesertaan jaminan sosial di Indonesia minimal 98% dari total penduduk pada tahun 2024.

"Pesawaran telah mengcover masyarakatnya hingga Februari 2023 mencapai 460.825 jiwa atau sebesar 96,29%. Itu menggunakan JKN KIS dari jumlah total penduduk Pesawaran 478,558 jiwa, berdasarkan data BPJS Kesehatan,” ujar Dendi Ramadhona.

Orang nomor satu di Pesawaran itu menilai, menjamin masyarakat yang belum memiliki BPJS bila sakit dan berobat ke Puskesmas dan rumah sakit umum, akan langsung aktif BPJS 1x24 jam.

Dendi berharap, dengan kesadaran masyarakat Pesawaran, kunjungan masyarakat ke fasilitas kesehatan di Pesawaran bukan hanya kunjungan sakit, tetapi juga kunjungan sehat.

Sementara itu, Wakil Presiden RI, Maruf Amin mengapresiasi upaya pemerintah daerah, dalam mendukung program kesehatan nasional.

"Dengan adanya JKN ini, terbukti memberikan dampak positif terutama dengan terbukanya akses dan pelayanan kesehatan ke seluruh masyarakat," jelas Maruf Amin.

Dalam acara penyerahan penghargaan UHC, juga dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy dan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post