Menhan Prabowo: Keamanan Negara Jamin Perdamaian dan Pertumbuhan Ekonomi



Komando teritorial adalah tulang punggung bagi pertahanan negara. Bahkan, komando teritorial adalah senjata rahasia rakyat Indonesia.

Begitu dikatakan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di hadapan 2.000 Bintara Pembina Desa (Babinsa) Wilayah Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Kodam VI/Mulawarman (Mlw), Samarinda, Kalimantan Timur, Sabtu (10/3).

“Komando teritorial adalah tulang punggung dari pertahanan negara dan merupakan senjata rahasia, di mana dengan komando teritorial, bangsa Indonesia mampu merdeka dan berhasil mengusir penjajah,” ujar Prabowo.

Sesuai dengan UU 34/2004 tentang TNI, Prabowo menyampaikan, sistem pertahanan Indonesia adalah hankamrata, yakni sistem pertahanan yang bersifat semesta.

Inti dari hankamrata, lanjut Ketua Umum Partai Gerindra itu, wujudnya adalah komando teritorial, yang dimulai dari Pangdam, Danrem, Dandim, Danramil kemudian Babinsa. Inilah tulang punggung pertahanan Indonesia.

Karenanya, kata Prabowo lagi, seluruh Babinsa di Indonesia akan mendapatkan kendaraan motor dinas untuk mendukung mobilitas. Termasuk melengkapi fasilitas alat komunikasi yang dapat menghubungkan langsung dengan komando atas dalam menjaga situasi aman.

“Negara aman menjamin perdamaian, dan perdamaian akan menjamin pertumbuhan ekonomi sehingga negara dapat menjadi makmur,” pungkasnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post