Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang Bangun Yayasan Pendidikan




Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang bangun yayasan pendidikan bagi anak-anak buruh bongkar muat yang tergabung dalam koperasi.

Pembangunan yayasan pendidikan menengah ini menjadi program jangka panjang Koperasi TKBM (Tenaga Kerja Bongkar Muat) setelah program 1.000 unit rumah untuk buruh terealisasikan.

“Insyaallah, setelah selesai itu, saya punya program kerja untuk membangun suatu yayasan pendidikan agar anak-anak buruh yang punya potensi bisa sekolah tinggi,” kata Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, Agus Sujatma Surnada.

Hal itu disampaikan di sela-sela RAT (Rapat Anggota Tahunan) Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang Tahun Buku 2022 di Grand Krakatau Ballroom Swissbell Hotel, Kota Bandar Lampung, Kamis, 9 Maret 2023.

“Jangan sampai mereka (anak buruh) yang punya potensi ini, bapaknya (bekerja) di pelabuhan, anaknya pun ke pelabuhan,” ujar Agus.

RAT Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang Tahun Buku 2022 dibuka oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung yang diwakili Kabid Kelembagaan dan Pengawasan, Elvi Dewi.
Yayasan Pendidikan Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang akan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi.

“Program kerja ini mendapatkan dukungan aspirasi daripada pihak KRK (Kepala Regu Kerja) dan PUK (Pimpinan Unit Kerja), jajaran pengurus, dan Badan Pengawas,” kata Agus.

Dia menyampaikan, ke depan, pihaknya akan menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi untuk memfasilitasi pendidikan anak-anak buruh pelabuhan yang jumlahnya mencapai 1.121 orang.

“Insyaallah, pemerintah akan mendukung program pendidikan itu, dan anak-anak buruh minimal sekolah menengah atas dapat dilalui,” ujar dia.

Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang bangun yayasan pendidikan.Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Bandar Lampung diwakili Kabid Kelembagaan dan Pengawasan, Elvi Dewi, memukul gong sebagai tanda dibukanya RAT Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang Tahun Buku 2022 di Grand Krakatau Ballroom Swissbell Hotel, Kota Bandar Lampung, Kamis (9/3). Foto: Josua Napitupulu

Program ini didukung dan diapresiasi oleh Ketua Badan Pengawas Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, Eriza.

“Saya dari Badan Pengawas sangat mendukung dan apresiasi rencana Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang yang akan mengadakan pendidikan bagi anak buruh,” kata dia.

Eriza menyambut antusias program yayasan pendidikan bagi anak-anak buruh pelabuhan yang digagas oleh Agus Sujatma Surnada.

Dia optimis program untuk memperjuangkan kesejahteraan keluarga buruh ini dapat diwujudkan oleh Agus Sujatma ke depannya.

Seperti tuntasnya permasalahan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan yang berlarut-larut dan program Perumahan Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang.

“Makanya saya sangat antusias kepada Ketua Koperasi TKBM dengan semangatnya memperjuangkan buruh. Selama ini, 5-7 tahun BPJS tidak berjalan, tapi alhamdulillah sekarang sudah berjalan. Evaluasinya positif,” jelas Eriza.

Post a Comment

Previous Post Next Post