Ketua Tim Penggerak PKK Lampung Selatan Hadiri Penilaian Lomba Desa Di Kecamatan Natar






NATAR, Diskominfo Lamsel – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menghadiri dan membuka kegiatan penilaian Lomba Desa tingkat Kabupaten di Kecamatan Natar, Jumat (03/03/2023).

Desa Candimas mewakili Kecamatan Natar maju dalam Lomba Desa pada titik ke-12 yang mendapatkan penilaian dari Tim Lomba Desa Kabupaten.

Kepala Desa Candimas Andri Suwaldi dalam laporannya mengucapkan, terima kasih kepada Pemerintah Kecamatan dan Kabupaten juga kepada masyarakat Desa, yang telah mendukung Candimas bisa maju lomba Desa mewakili kecamatan Natar.

“Saya atas nama Desa berterima kasih telah diberikan kesempatan Desa kami mewakili kecamatan mengikuti lomba Desa,” katanya.

Dirinya mengatakan, Candimas adalah dusun yang bergabung dengan Desa Merak Batin dan pada tahun 1986 barulah Desa Candimas berdiri sendiri.

Candimas memiliki 30 dusun dan 38 RT dengan jumlah penduduk 10.037 jiwa dari 2.667 KK dengan profesi diantaranya Petani, karyawan, dan juga buruh pabrik.

Hadir pada kesempatan itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Yanny Munawarty, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Camat beserta Forkopimcam Kecamatan Natar, Kepala Desa se-Kecamatan Natar, Ketua DWP Yani Thamrin.

Sementara itu, Winarni dalam sambutannya menyampaikan majunya Indonesia dimulai dari Desanya yang juga maju.

“Kalau Desanya maju, kecamatan maju, kabupaten maju Indonesia pasti maju,” ungkap Winarni.

Dirinya berterima kasih kepada Pemerintah Kecamatan juga kepada Forum CSR dan para pelaku usaha yang telah mendukung kegiatan tersebut.

Winarni menambahkan, apabila terpilih mewakili Kabupaten akan ada pembinaan yang diperuntukan untuk memajukan dan memperbaiki Desa.

“Kalau terpilih mewakili Kabupaten nanti pembinaannya akan lebih sering, dan Desa harus siap capek harus semangat dan gotong royong dari semua masyarakat Desanya,” ujar Winarni.

Ketua TP PKK itu menyebutkan, dalam penilaian Lomba Desa ada satu hal yang tidak bisa disiapkan secara dadakan yaitu PADes. Menurut Peraturan Pendapatan Desa harus masuk ke rekening Desa 2 tahun sebelum penilaian Lomba Desa dilakukan.

“Ada penilaian yang tidak bisa disulap atau dadakan, itu adalah pendapatan Desa, ini harus masuk ke Rekening Desa 2 tahun sebelum penilaian lomba desa,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Yanny Munawarty yang hadir membacakan sambutan Bupati Lampung Selatan menyampaikan, apresiasi kepada Kecamatan Palas khususnya kepada Kepala Desa Candimas yang telah menyiapkan Desanya untuk lomba desa.

Dirinya optimis Desa Candimas sudah sangat siap untuk dilakukan penilaian dan dapat memberikan kreatifitas terbaiknya.

Untuk mencapai tujuan pembangunan Desa ada dua Indikator utama yang harus dilengkapi, yakni Data Indeks Desa Membangun (IDM) dan Data Profil Desa. Dimana, keduanya menjadi patokan ataupun tolak ukur bagi Pemerintah Desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa.

Selain itu, dirinya mengatakan Penilaian Lomba Desa Tahun 2023 ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa setiap tahunnya.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang meliputi 3 (Tiga) Bidang, yaitu Bidang Pemerintahan, Bidang Kewilayahan, dan Bidang Kemasyarakatan.

Dalam sambutan itu juga dikatakan Selain penilaian lomba desa, Tim Penilai juga akan melaksanakan penilaian perlombaan Bulan Bakti Gotong royong Masyarakat (BBGRM) yang telah menetapkan 4 (Empat) Instrumen Penilaian yaitu: Bidang Kemasyarakatan, Bidang Ekonomi, Bidang Sosial Budaya dan Agama dan Bidang Lingkungan.

Kepada Tim Peanilai dirinya meminta untuk melakukan penilaian sesuai jiwa dan semangat reformasi.

“Berikan penilaian secara objektif dan selektif sehingga nantinya akan benar-benar menghasilkan desa juara yang berprestasi untuk mewakili Kabupaten yang kita cintai ini,” katanya.

Pada kesempatan itu, Winarni menyerahkan bantuan kepada Posyandu Remaja, Balita dan para Lansia.

Diakhir kegiatan, Winarni beserta rombongan meninjau pos-pos pelayanan yang ada di Desa Candimas. (*).

Post a Comment

Previous Post Next Post