Bangkitkan Ekonomi UMKM Melalui Pekan Fest

 


Pesisir Barat - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat (Pesibar) melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan(DISKOPUKMDAG) menggelar kegiatan Pekan Festival (Pekan Fest), di Lapangan Merdeka, Kecamatan Pesisir Tengah, Pada Sabtu (11/3/2023).

Bertajuk 'UMKM Bangkit Bersama' kegiatan berlangsung hingga Minggu (12/3/2023). Sebanyak 121 pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM) di Pesibar hadir pada kesempatan tersebut diantaranya 95 pelaku usaha Kuliner, 10 Pelaku kerajinan, 15 pelaku usaha minuman, dan 1 Wahana Bermain.

Ketua Perwosi dan Pembina UMKM Pesisir Barat, Septi Istiqlal mengaku senang dengan terselenggaranya Pekan Fest Kedua pada bulan Maret di tahun 2023 untuk memfasilitasi promosi produk para pelaku UMKM di Pesibar, Septi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mencintai produk lokal.

"Hari ini untuk yang kedua kalinya di Kabupaten Pesisir Barat dimana pada tahun 2022 lalu kegiatan serupa sudah berlangsung sebanyak satu kali," ujar Septi Istiqlal

Kendati begitu Septi mengatakan akan terus melakukan pembinaan bersama Dinas terkait, dengan harapan agar para pelaku UMKM bisa terus naik kelas sehingga prodak dan penjualannya semakin meningkat.

Selain itu kegiatan serupa akan dilaksanakan di Kecamatan lainnya di Pesibar sehingga para pelaku UMKM dapat mempromosikan produknya ke sanak saudara yang lain.

"Kedepan rencananya kegiatan Pekan Fest ini akan kami lakukan per tiga bulan sekali dengan cara berkeliling sehingga kegiatan ini tidak hanya di Pesisir Tengah tapi tersebar di seluruh kabupaten Pesisir Barat," Pungkas Septi Istiqlal.

Sementara itu salah satu pelaku UMKM Aljerina mengaku pemasaran usaha kue miliknya sangat terbantu dengan adanya Pekan Fest tersebut.

Hal itu karena selain menjadi ajang untuk mempromosikan dagangannya, kegiatan Pekan Fest juga berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan para pelaku UMKM.

"Tadinya kita hanya berjualan di rumah dan hanya masyarakat sekeliling aja yang tau, dengan adanya acara ini semua orang bisa tau karya UMKM di Pesibar" ucap Aljerina.

Gunawan salah satu pengunjung dari Kabupaten Mesuji merasa senang berbelanja di acara Pekan Fest di Pesisir Barat, selain makanannya enak dan harganya juga murah.

"Kegiatan seperti ini itu bagus dan bermanfaat tentunya, kita jadi tau produk-produk seperti kue dan yang lain nya yang ada di Pesibar," Pungkasnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Pesibar diwakili Plt. Asisten lll Bidang Administrasi Umum Jon Edwar, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Keuangan Imam Habibudin, Ketua DPRD Pesibar Agus Cik, Ketua Cabang Bhayang Kari Pesibar Azalea Ze Shelvi Alsyahenra, Serta Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pesisir Barat(*)

Post a Comment

Previous Post Next Post