Hadiri Penilaian Lomba Desa Di Kecamatan Katibung, Winarni : Jadikan Semangat Untuk Memajukan Desa




KATIBUNG, Diskominfo Lamsel – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan Hj. Winarni Nanang Ermanto menghadiri kegiatan Penilaian Lomba Desa di Kecamatan Katibung, Senin (20/02/2023).

Penilaian Lomba Desa yang berlangsung di Desa Sukajaya ini adalah titik ke-6 yang mendapatkan penilaian oleh Tim Penilai dari Kabupaten.

Hadir plt. Staf Ahli bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Yanny Munawarty, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Camat beserta Forkopimcam Katibung Kepala Desa Se Kecamatan Katibung, Ketua DWP Yani Thamrin.

Rustam Effendi selaku Kepala Desa Desa Sukajaya Kecamatan Katibung dalam laporannya menyampaikan, Pemerintahan Desa di Katibung sudah ada sejak 1989.

Rustam memaparkan di Desanya terdapat 4 dusun yang memiliki 720 KK dengan jumlah penduduk 2479 jiwa dimana 57 persennya bekerja sebagai buruh pabrik.

Dirinya mengatakan terpilihnya Desa Sukajaya adalah Kebanggan bagi dan juga berterima kasih kepada pemerintah Kecamatan telah memberikan kepercayaan untuk desa kami maju mewakili kecamatan Katibung.

“Alhamdulillah ini suatu kebanggaan bagi kami dan kami berterima kasih kepada pemerintah kecamatan yang memberikan kepercayaan kepada Desa Sukajaya untuk lomba Desa di tingkat Kabupaten,” ungkapnya.

Rustam berharap lewat adanya penlaian lomba Desa tersebut dapat meningkatkan kinerja pemerintahan desa untuk Desa Sukajaya lebih maju.

“Saya berharap lewat penilaian Lomba Desa ini dapat meningkatkan kinerja Pemerintahan Desa agar kedepannya Desa Kami bisa lebih maju,” kata Rustam.

Sementara, Winarni menyampaikan apresiasi kepada Desa Sukajaya yang telah mempersiapkan Desanya untuk maju Lomba Desa ditingkat Kabupaten.

Dirinya mengatakan Penilaian yang diberikan oleh Tim Penilai dari Kabupaten agar dijadikan acuan dan semangat, untuk lebih memajukan Desa agar Desa tidak tertinggal dan bisa jadi contoh bagi Desa yang lain.

“Jika kita dinilai oleh tim jadikan suatu yang kurang untuk menjadi acuan dasar semangat untuk memajukan desa, desa sehat, maju dan desa yang tidak tertinggal dari Desa lainnya,” ungkap Winarni.

Dirinya meminta Pemerintahan Desa bekerja bersama bergerak bergotong royong untuk memajukan Kabupaten dari tingkat Desa. Menurutnya, apabila potensi di Desa meningkat, Desanya maju, Kecamatan dan Kabupaten pasti ikut maju.

“Pak Kades gali potensi-potensi yang ada di Desa untuk dikembangkan, kalau Desanya maju Kecamatan dan Kabupaten juga pasti maju,” kata Winarni.

Kepada TP PKK Desa Winarni mengatakan, 10 program pokok PKK harus di jalankan di tingkat Desa dan harus sejalan dengan program pemerintah Desa untuk membantu pembangunan di Desanya.

Selaku Ketua Tim Penggerak Pendidikan, dirinya juga mengatakan Kabupaten memiliki Inovasi yaitu Swasembada Sekolah untuk menangani masalah pendidikan di masyarakat.

“Kabupaten kita punya Inovasi di bidang pendidikan yaitu Swasembada Gizi untuk menuntaskan masalah Putus Sekolah di Kabupaten,” ungkap Winarni.

Dalam kesempatan yang sama, Plt. Staf Ahli Bidang Pemerintahan Yanny Munawarty yang hadir membacakan sambutan Bupati Lampung Selatan mengatakan, dipilihnya Desa Sukajaya untuk mewakili Kecamatan Katibungtentunya sudah siap di segala aspek.

“Saya kira Desa Sukajaya mewakili 12 Desa sudah siap di semua aspek untuk mengikuti Lomba Desa,” katanya.

Dirinya berharap penilaian lomba Desa menjadi evaluasi perkembangan desa sekaligus mendorong dan memotivasi desa untuk berlomba dan bersaing secara sportif dan positif dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa.

“Untuk mencapai tujuan pembangunan Desa ada Dua Indikator utama yang harus dilengkapi, yakni Data Indeks Desa Membangun (IDM) dan Data Profil Desa, keduanya menjadi patokan ataupun tolak ukur bagi Pemerintah Desa untuk bekerja maksimal dalam mencapai status kemandirian desa,” ungkapnya.

Yanny juga mengatakan Semua program Desa harus dikawal, bangun kebersamaan, gotong royong yang tinggi, untuk Visi Desa Sumur Kumbang dapat tercapai.

Pelaksanaan Penilaian Lomba Desa Tahun 2023 ini merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan pembangunan dan hasil yang dicapai oleh masing-masing desa setiap Tahunnya sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan yang meliputi Bidang Pemerintahan, Kewilayahan, dan Permasyarakatan.

Dalam Sambutannya juga disebutkan banyak potensi yang ada di Desa Sukajaya yang perlu dioptimalkan oleh masyarakatnya dan aparatur desa. Potensi laut dan wisata pantai harus dikembangkan lagi serta Produk lokal dan UMKM harus tingkatkan lagi.

Kepada Tim Penilai lomba, dirinya minta kepada untuk melakukan penilaian sesuai jiwa dan semangat reformasi, maka Tim harus benar-benar objektif, selektif dalam memberikan penilaiannya. “Kita harus ingat, bahwa ajang lomba desa ini tentu saja puncaknya akan bermuara pada terpilih dan belum terpilihnya suatu Desa menjadi Juara,” imbuhnya.

Diakhir kegiatan Winarni bersama rombongan didampingi aparatur Kecamatan dan Desa meninjau pelayanan dan pos pos serta Toga milik Desa Sukajaya. (*).

Post a Comment

Previous Post Next Post