Gempa Bumi Tektonik M=4,7 Guncang Pesisir Barat Malam ini, Dirasakan di Tanggamus hingga Liwa Lampung Barat

Pesisir Barat - Gempa bumi tektonik magnitudo M=4,7 mengguncang Kabupaten Pesisir Barat, Kamis (2/2/2023 pukul 19.19 WIB. Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan M=4,7.


-

Episenter gempa terletak pada koordinat 5.71 lintang selatan dan 103.94 bujur timur. Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 57 km tenggara Pesisir Barat, pada kedalaman 34 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia," kata Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, dalam keterangan persnya, Kamis (2/2/2023) malam.

Dampak gempa bumi yang digambarkan peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pesisir Barat, Tanggamus dengan Skala Intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Kemudian, di Liwa, Lampung Barat dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Namun hingga kini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut. Hingga pukul 19:33 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post