Diduga Cemari Laut, Warga Way Jambu Pesisir Barat Demo Minta Tutup Tambak Udang Johan Farm

Pesisir Barat - Ratusan warga Desa Way Jambu Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung, berunjuk rasa menuntut penutupan CV Johan Farm yang diduga mencemari lingkungan. Koordinator unjuk rasa warga Desa Way Jambu, Bangsawan Utomo, menyatakan pihaknya menolak keberadaan CV Johan Farm karena limbah dari CV tersebut mencemari laut.



Selain itu, kata dia, bau dari limbah CV itu mengganggu aktivitas warga sekitar, dan akses keluar masuk kendaraan CV itu merusak jalan umum yang dilintasi warga. Dalam unjuk rasa tersebut, para peserta aksi melakukan orasi dan membentang spanduk yang bertuliskan tuntutan warga tentang penutupan CV Johan Farm tersebut.

Aksi tersebut mendapat pengawalan dari petugas gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP Kabupaten Pesisir Barat. Unjuk rasa tersebut berlangsung damai.

Dia mengatakan, informasi beredar menyebutkan masyarakat resah atas keberadaan CV tersebut. Apalagi dengan limbah dari CV itu mencemari laut dan dari polusi udara akibat CV itu membuat warga kesal.

"Keluhan masyarakat ini adalah polusi udara, apalagi kalau lagi panen bau dari CV itu sampai ke pemukiman warga, serta limbah dari CV itu dibuang ke laut yang membuat laut kami tercemar limbah," kata Johan Utomo seperti dikutip Suara.com (jaringan media Lampungpro.co) dari Antara.

Sampai kini kata dia, pihak CV belum bisa memberi jawaban ke kami tentang penutupan CV Johan Farm. "Sampai saat ini belum ada titik temu dari audiensi ini dari pihak CV belum bisa ngasih jawaban tentang tuntutan kami," ujarnya.

Selanjutnya selaku pemilik dari CV Johan Farm, Yani, mengatakan, dia menyambut baik kedatangan masyarakat Desa Way Jambu, dan menerima tuntutan yang disampaikan masyarakat. "Untuk sekarang kami dari pihak CV belum bisa ngasih keputusan tentang penutupan CV ini," kata Yani.

Wakil Kepala Polres Pesisir Barat AKP Rafli Yusuf Nugraha mengatakan jajaran Polres Pesisir Barat hadir di tengah-tengah masyarakat untuk pengamanan jalannya unjuk rasa ini. "Untuk pengamanan dari pihak kepolisian Polres Pesisir Barat, melibatkan 110 personil polisi dan ada Babinsa dari TNI 8 anggota dan dari satpol PP juga untuk pengamanan jalannya aksi tersebut," kata Rafli. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post