Tingkatkan Hasil Panen Petani, KKN Unila Sosialisasi POC

 

Pesisir Barat - Guna meningkatkan produktivitas hasil panen petani Masiswa Universitas Lampung (Unila) melakukan sosialisasi pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Pekon Bumi Ratu Kecamatan Ngambur Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar).

Peratin Pekon Bumi Ratu, Zaini Pirdaus (36) mengatakan kegiatan sosialisasi pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) oleh mahasiswa Unila sangat bermanfaat mengingat sebagian besar warganya rata-rata berkerja sebagai petani.

"Sejauh ini masih banyak para petani kita yang menggunakan pupuk berbahan dasar kimia," Ujar Zaini Pirdaus, Senin (16/1/2023).

Sehingga dengan adanya sosialisasi pembuatan Pupuk Organik Cair (POC) yang dilakukan oleh adik-adik KKN di Pekon Bumi Ratu Zaini berharap agar para petani bisa beralih dengan pupuk organik buatan sendiri.

Intan Maharani Samsi (20) selaku koordinator tim KKN mahasiswa Unila mengatakan Pupuk Organik Cair (POC) sangat relevan digunakan untuk jenis pertanian seperti sayuran dan buah-buahan.

Selain itu kata dia untuk pembuatannya selain hemat biaya, POC juga ramah terhadap lingkungan karena memanfaatkan bahan organik dan limbah yang tidak terpakai Seperti air cucian beras pertama, EM4, dan dua sendok makan gula pasir.

Sementara untuk keunggulan POC lanjut Intan, dapat memperbaiki sifat-sifat tanah terutama sifat biologi tanah sehingga tanaman dapat meningkatkan pembentukan bunga dan bakal buah.

"Dapat meningkatkan bobot buah, tinggi tanaman, pembentukan klorofil daun, dan merangsang pertumbuhan cabang produksi batang," pungkasnya (Andrean)

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel