PPBI Ajak Warga Tingkatkan Ekonomi Lewat Bonsai

METRO – Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kota Metro mengajak masyarakat kota setempat untuk meningkatkan perekonomian lewat budidaya tanaman hias yang dapat dikelola menjadi bonsai.




Hal tersebut disampaikan Ketua PPBI Kota Metro, Yuzar Ansyori dalam kegiatan Jemur Bonsai yang berlangsung di Warunk Viral, Kelurahan Mulyojati, Kecamatan Metro Barat, Minggu (22/1/2023).

Yuzar mengatakan, peningkatan ekonomi pasca pandemi Covid-19 dapat dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya adalah dengan pemanfaatan lahan kosong untuk budidaya tanaman hias yang dapat dikaryakan menjadi bonsai.

Selain peningkatan ekonomi masyarakat lewat sektor budidaya dan jual beli tanaman hias, PPBI Kota Metro juga menargetkan Bumi Sai Wawai menjadi lumbung bonsai masa depan.

“Goals kita kedepannya Metro dapat dijadikan lumbung bonsai dimasa depan. Karena sudah banyak temen-temen anggota PPBI Metro yang sudah memulai membudidayakan bonsai. Mulai dari tanaman jenis kimeng, sensibur, santigi dan banyak sekali yang sedang di kembangkan,” kata Yuzar saat diwawancarai awak media.

Ia juga membeberkan tentang beragam jenis dan ukuran tanaman bonsai yang memiliki nilai ekonomis dan dapat membantu masyarakat. Selain itu, bisnis bonsai di Indonesia juga cukup stabil.

“Sejauh ini, metro tidak terspesial di satu jenis bonsai saja. Tapi ada beberapa temen-temen yang terdata masing-masing memiliki keahlian dalam memproduksi bonsai yang berbeda-beda. Ini yang nantinya bisa bersaing dengan beberapa item yang menjadi tanaman terfavorit di Indonesia,” ujar Yuzar.

“Parameter ukuran bonsai mulai dari mame, small, hingga big size. Dibawah 30 centimeter itu masuk kategori small, di atas 30 centimeter itu medium dan lebih dari satu meter itu big size,” imbuhnya.

Yuzar menyampaikan bahwa PPBI Metro siap memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat yang ingin memulai budidaya dan bisnis tanaman bonsai.

“Bonsai ini mudah, tapi perlu ilmu yang harus dikuasi oleh penggemar nya. Jadi, perlu adanya materi yang harus di miliki oleh pecinta bonsai. PPBI Metro juga siap mendampingi masyarakat yang ingin belajar membuat dan merawat bonsai sehingga memiliki nilai ekonomis,” pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan tersebut, Ketua Pelaksana kegiatan Jemur Bonsai PPBI Kota Metro, Agus Supriyanto mengungkapkan bahwa event yang digelar itu merupakan kegiatan perdana komunitas pecinta bonsai di Metro.

“Pertemuan kali ini sebagai agenda rutin tiga bulan sekali, ini kegiatan silaturahmi serta ada pemaparan bagi seluruh anggota PPBI. Kita ada workshop dan edukasi serta demo bonsai yang tujuannya untuk memperkenalkan keunikan dari berbagai macam bonsai yang di pamerkan,” jelasnya.

Dalam event itu, sedikit terdapat belasan jenis bonsai yang dipamerkan. Totalnya terdapat 85 karakter bonsai yang dipajang dalam event tersebut.

“Jumlahnya sekitar 85 bonsai dengan berbagai macam jenis, mulai dari anting putri, santigi, beringin, Sancang dan belasan jenis lainnya. Alhamdulillah, dari kualitas nya sudah meningkat. Kedepannya kita akan menampilkan kualitas yang baik agar pada sesi jemur kedepannya bisa lebih menarik perhatian lagi,” tandasnya.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel