Peringati Hari Amal Bhakti ke-77, Sekdaprov Lepas Peserta Jalan Sehat di Kota Metro

Bandar Lampung--Sekrearis Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, mewakili Gubernur Lampung melepas sekitar 12 ribuan peserta jalan sehat kerukunan se Provinsi Lampung dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Tahun Kementerian Agama RI yang di pusatkan di Kota Metro, Sabtu (14/01/23).


Jalan sehat ini dilakukan serentak se Indonesia dengan tema “Kerukunan Umat untuk Indonesia hebat” yang dilaksanakan pada Sabtu tanggal 14 Januari 2023 mulai pukul 07.00, dengan start di depan Rumah Dinas Walikota Metro dan Finish di Lapangan Samber Kota Metro dengan jarak sekitar 5 Km.

Dalam sambutannya, Sekdaprov menyampaikan apresiasi kegiatan yang dilaksanakan secara serentak Se Indonesia atas prakarsa kementerian Agama RI, dan berterima kasih menunjuk kota metro sebagai lokasi Kegiatan di provinsi Lampung, karena Metro dianggap sebagai cerminan keberagaman kerukunan agama di provinsi Lampung.

Kegiatan jalan sehat kerukunan tersebut terbuka untuk umum dan dilepas secara langsung oleh Sekda Provinsi Lampung mewakili Gubernur Lampung pada pukul 6 pagi.

Jalan sehat tersebut juga di ikuti Sekda Provinsi, Walikota Metro, Wakil Walikota Metro, Provinsi dan Kota Metro, Kasat Pol PP Provinsi, Kakanwil Kemenag, Rektor UIN, Kakandepag dan jajaran Se provinsi Lampung, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum lintas agama.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto mengungkapkan bahwa terlaksanannya jalan sehat kerukunan dan Penandatangganan Deklarasi Damai Umat Beragama merupakan pertanda kokohnya kerukunan umat beragama yang ada di Provinsi Lampung.

Sebab menurutnya, Perbedaan merupakan wadah untuk kita dapat saling menghargai dan menghormati, serta dapat membangun sinergi daerah dengan saling bergotong-royong.

"Adanya kerukunan ini kita dapat menangkal semua upaya pihak yang tidak bertanggungjawab yang kemungkinan akan memecah belah, sehingga dengan adanya kekompakan dalam kerukuanan kita tentu dapat tangkal semua itu, " ujarnya.

Fahrizal juga mengingatkan bahwa kita adalah satu, yaitu anak bangsa Indonesia serta umat beragama yang saling mencintai kedamaian dan kebersamaan sebagai modal terbesar untuk memperkokoh dan mempererat kekuatan bangsa negara kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan itu Sekdaprov juga menyinggung terkait dilaksanakannya pasar kuliner UMKM di lapangan Samber metro ini, yang diharapkan akan meningkatkan ekonomi masyarakat khusus nya produk makanan lokal.

"Ini sejalan dengan program pemerintah Provinsi Lampung yang terus menggalakkan UMKM di seluruh wilayah provinsi Lampung. Sebab dengan UMKM akan memperkuat stabilitas ekonomi di provinsi Lampung, " ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo melaporkan bahwa Jalan Sehat Kerukunan dan Deklarasi Damai Umat Beragama yang diadakan oleh Kementerian Agama digelar secara serentak sebagai rangkaian dari peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) ke-77 Kementerian Agama.

Pada kesempatan yang sama Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman atas nama Pemerintah Kota Metro mengucapkan terimakasih atas penunjukan dari Provinsi Lampung kepada Kota Metro sebagai ajang atau tempat penyelenggaraan Jalan Sehat Kerukunan Beragama se-Provinsi Lampung.

"Mudah-mudahan kegiatan jalan sehat ini akan mempunyai makna dan kesan-kesan yang khusus tentang Kota Metro, serta dapat membawa pencerahan dan kebahagiaan untuk Provinsi Lampung "ungkapnya

Selain itu kegiatan juga di isi dengan deklarasi kerukunan umat beragama yang dibacakan oleh ketua FKUB Provinsi Lampung, dan deklarasi tersebut ditandatangani bersama oleh masing-masing pemuka agama. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung)

Post a Comment

Previous Post Next Post