Jadikan Perbedaan Untuk Menciptakan Kekuatan Besar Bagi NKRI

Bandarlampung — Komandan Kodim (Dandim) 0410/KBL Letkol Arm Tri Arto Subagio M.Int.Rel.M.M.D.S, mengatakan perbedaan bisa saja menyebabkan terjadinya perpecahan dalam suatu negara.



Perpecahan atau konflik yang di latar belakangi adanya perbedaan bisa saja mendera negara-negara maju di Dunia.

"Kita menyadari bahwa begitu besar negara kita, dengan memiliki keberagaman bahasa, suku, agama dan ras sehingga mungkin perpecahan bisa saja terjadi jika perbedaan yang ada tidak di manajemen atau kelola secara baik," kata Dandim Tri Arto.

"Namun demikian, perbedaan bisa menjadi suatu pondasi yang sangat kuat bagi suatu Negara jika kita bisa saling menghargai dan menghormati satu sama lain," katanya lagi, ketika mengisi materi wawasan kebangsaan (Wasbang) dalam Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) di IIB Darmajaya Bandarlampung, Kamis (5/1)

Lebih lanjut Perwira lulusan Master Internasional Relationship di Australia tersebut bercerita, ketika melaksanakan kunjungan di sebuah negara yang sedang mengalami konflik.

"Saya pernah bertugas di luar negeri, dimana kita saat itu selalu di kawal tentara setempat lantaran banyaknya ledakan bom yang terjadi. Bisa kita bayangkan keresahan ketika berada di negara tersebut," ungkapnya.

Oleh karenanya, Dandim berharap kepada generasi penerus bangsa bisa sama-sama saling menghargai dan menghormati suatu perbedaan yang ada di negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

"Ir Soekarno, dalam pidatonya yang terakhir pada Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 1966, mengatakan Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, sehingga perbedaan yang ada tidak mengakibatkan konflik internal melainkan menjadi sebuah kekuatan besar bagi negara kita," pungkasnya.

Sementara Rektor Firmansyah mengatakan, LKMM-TD IIB Darmajaya ini bertujuan mendorong agar mahasiswa memperoleh pengalaman dalam hal pelaksanaan proses belajar mengajar hingga dapat digunakan sebagai bekal inti.

"Untuk membentuk tenaga kependidikan yang profesional, disiplin, memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan dalam profesinya kelak nanti," ujar Rektor Firmansyah.

Hadir dalam kegiatan Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwan Pandra Arsyad, Wakil Rektor 3 IIB Darmajaya Bidang Kemahasiswaan Muprihan Thaib MM mendampingi rektor, hadir pula Kasdim 0410/KBL Letkol Inf Hendri Ginting, didampingi Danramil 410-06/Kedaton Mayor Kav Joko Subroto.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel